oleh

Wan Zuhendra Pimpin Rapat Evaluasi RPJPD 2025

ANAMBASNEWS.COM – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra memimpin Focus Group Discussion (FGD) dan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2025-2045 yang berlangsung di Aula Rapat Utama Prof. Muhamnad Zein Lantai III Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Selasa 25 Juli 2023.

Pelaksanaan RPJPD Tahun 2025-2045 ini digelar oleh Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2025 – 2045 sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pidatonya, Wan Zuhendra, mengatakan, bahwa pelaksanaan RPJPD berdasarkan peraturan perundang – undangan dimana Rancangan Awal RPJPD harus dibahas tim penyusun bersama dengan Perangkat Daerah.

“Maka dari itu tahapan ini sangat penting untuk memperoleh masukan dari seluruh Perangkat Daerah agar dokumen RPJPD betul-betul dapat menjadi kompas pembangunan kita 20 (dua puluh) tahun kedepan,” kata Wabup Anambas.

Wan Zuhendra menyampaikan bahwa dilihat dari RPJPD 20 (dua puluh) tahun sebelumnya berbagai pokok permasalahan pembangunan serta isu strategis telah dihadapi, dimana RPJPD ini betul-betul menjadi kompas pembangunan 20 (dua puluh) tahun kedepan.

“Pokok permasalahan pembangunan dan isu strategis yang dihadapi dapat dilihat dari Status pencapaian visi yaitu “Terwujudnya Kepulauan Anambas sebagai kabupaten kepulauan yang berdaya saing dalam bidang perikanan-kelautan, pariwisata dan pertambangan berlandaskan iman dan taqwa” yang dapat dinyatakan bahwa pencapaian RPJPD Kabupaten Kepulauan Anambas periode 2005-2045 berstatus “tercapai dengan predikat cukup baik,”tambahnya.

Ia menjelaskan, untuk mengedepankan kolaborasi baik dalam penyampaian data dan mengidentifikasi isu permasalahan daerah dan solusinya.

“Pemerintah daerah tentu harus berpikir untuk memecahkan permasalahan tersebut secara inovatif, selain itu pembangunan juga harus berbasis ramah lingkungan dan sesuai tujuan pembangunan yang akan dirumuskan bersama,”ucap Wan Zuhendra.

“Mari bersama-sama kita tuangkan ide-ide pembangunan yang visioner, penuh inovasi untuk membangun Anambas 20 tahun kedepan melalui FGD RPJPD dalam rangka penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2025- 2045,”pungkasnya.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed