oleh

Program Konservasi Mangrove Harbour Energy Menerima Penghargaan dari Bupati Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Serangkaian kegiatan Harbour Energy dalam Hari HSE Global tahun 2022 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas pada bulan September 2022 ini.

Kegiatan Edukasi Publik Sosialisasi Pelestarian Lingkungan dan Penanaman Mangrove di Desa Temburun menjadi Rangkaian Kegiatan Hari HSE Global Harbour Energy di Tahun 2022.

Menurut Ketua Komunitas KOMPAK Syahrul, sebanyak 50 Pelajar MTs dan SMA sederajat hadir diacara Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Mangrove di Gedung Pemuda Anambas dengan 2 Narasumber yaitu Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Risdayani dan Ronal Raditiya, Perwakilan dari Loka KKPN Pekanbaru.

“Kami mengucapkan Terimakasih kepada Harbour Energy yg telah memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan Edukasi Publik “Pelestarian Lingkungan Mangrove” bagi pelajar MTs dan SMA sederajat di Anambas,” tambah Syahrul.

Foto bersama. foto (ist)

Di kegiatan terpisah Sekretaris Dishub-LH Anambas, Risdayani yang hadir saat penanaman mangrove menyampaikan apresiasi kepada Harbour Energy karena telah melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Pantai Senggalong Desa Temburun sejak tahun 2013.

“Ini sangat luar biasa tambahnya karena pohon mangrove sudah tumbuh hijau di lokasi Konservasi Mangrove di Desa Temburun,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Risdayani sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan dari Bupati Kepulauan Anambas kepada Manajemen Harbour Energy.

Penanaman Mangrove. foto (ist)

Buyung Heru Satria selaku Government Affairs Senior Manager Harbour Energy menyampaikan apresiasi atas penghargaan yg diberikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas dan juga kepada Dinas lingkungan hidup, Loka Konservasi serta kelompok masyarakat mangrove Desa Temburun yang telah memberikan dukungan kepada Premier Oil/Harbour Energy selama ini.

Selanjutnya ia menyampaikan, bahwa pada hari ini Harbour Energy yang berada dibeberapa negara, termasuk Indonesia melaksanakan kegiatan Hari HSE Global dalam rangka meningkatkan kesadaran atas keselamatan, kesehatan kerja dan kepedulian terhadap lingkungan agar tujuan perusahaan mencapai Zero Accident bisa tercapai.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahun di seluruh tempat wilayah operasi kami seperti fasilitas offshore, Matak base, logistics base, dan untuk hari ini khusus kami lakukan disini di area mangrove sebagai bentuk kepedulian Perusahaan terhadap kegiatan lingkungan dan konservasi,” ucapnya.

Penanaman Mangrove. foto (ist)

Lebih lanjut ia mengatakan,kegiatan penanaman mangrove di desa Temburun ini sudah kami lakukan sejak tahun 2013, dan saat ini sudah mulai kelihatan hasilnya dengan tumbuh dan berkembangnya mangrove/hutan bakau ini sekitar 22,000 pohon di area pantai ini.

“Salah satu manfaat dari tanaman mangrove ini adalah sebagai penyerap emisi karbon dioksida, sehingga sedikit banyaknya dapat menghasilkan oksigen yang sangat kita perlukan dalam keberlangsungan hidup kita sehari-hari,” tuturnya.

Disamping itu manfaat dari hutan bakau ini adalah juga menahan dan mencegah abrasi air laut yg akan mengikis daratan, tempat hidup biota laut dan tentu jangka panjang nya dapat dijadikan salah satu tujuan wisata di daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. (roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed