oleh

Gerard Pique Umumkan Pensiun

ANAMBASNEWS.COM – Gerard Pique mengumumkan pengunduran dirinya dari Barcelona pada Kamis, 3 November 2022.

“Pertandingan Sabtu (melawan Almeria) akan menjadi pertandingan terakhir saya di Camp Nou,” tulis pemain berusia 35 tahun itu di Twitter.

Bek veteran itu memutuskan gantung sepatu setelah meraih tiga gelar Liga Champions untuk klub masa kecilnya dan Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 bersama Spanyol.

“Saya ingin memberitahu Anda bahwa saya telah memutuskan saatnya telah tiba untuk mengakhiri perjalanan ini,” kata Pique dalam klip video yang diunggahnya, Jumat, 4 November 2022 yang dilansir dari cnnindonesia.com.

“Tidak ada tim lain setelah Barca,” tambahnya.

“Saya akan menjadi penggemar berat, saya akan mendukung tim dan menyampaikan cinta saya untuk Barca kepada anak saya,”

“Dan cepat atau lambat, saya akan kembali,” pungkasnya.

Gerard Pique Bernabeu lahir pada 2 Februari 1987 adalah pemain sepak bola profesional Spanyol yang bermain sebagai bek tengah untuk klub La Liga Barcelona. Dia dianggap sebagai salah satu bek terbaik di generasinya.

Gerard Pique merupakan produk akademi sepak bola Barcelona yang dikenal dengan nama Barca Centera. Setelah sempat empat musim bermain di Inggris bersama Manchester United, Pique kembali ke Barcelona dan langsung menjadi pemain inti di tim asal Catalan tersebut pada musim 2008-2009.

Meski mengawali karir di akademi sepak bola Barcelona, Pique menandatangani kontrak profesional pertama sebagai pemain sepak bola bersama Manchester United pada tahun 2004. Pique melakukan debutnya bersama Setan Merah pada Oktober 2004 menggantikan John O’Shea saat MU menang 3-0 atas Crewe Alexandra di ajang Piala Liga.

Karena dianggap belum siap bermain di tim utama MU, Sir Alex Ferguson meminjamkan Pique ke Real Zaragoza selama musim 2006-2007. Bersama Zaragoza, Pique bermain reguler dalam 22 pertandingan La Liga dan mencetak 2 gol.

Pada 27 Mei 2008, Pique akhirnya resmi kembali ke klub masa kecilnya, Barcelona, dengan nominal transfer yang tidak dipublikasikan. Pique menyatakan sangat gembira bisa kembali memperkuat klub yang menjadi tempat awalnya meniti karir sepak bola meski mengaku sangat senang bisa bermain di Manchester United.

Pada 20 Mei 2014, Pique menandatangani perpanjangan kontrak dengan Barcelona, membuatnya tetap di klub hingga 2019.

Pique menjadi starter untuk Barca di Final Liga Champions UEFA 2015, saat klub memenangkan gelar Piala Eropa/Liga Champions kelima dengan mengalahkan Juventus di Olympiastadion Berlin. Hal ini membuat Barcelona klub pertama dalam sejarah yang memenangkan treble liga domestik, piala domestik dan Piala Eropa dua kali. Pique, Xavi, Lionel Messi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Dani Alves dan Pedro adalah satu-satunya pemain yang pernah menjadi bagian dari kedua tim peraih treble.

Editor: Nato

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed