oleh

Cegah Inflasi, Ini Langkah Pemda Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Guna mencegah adanya inflasi di wilayah perbatasan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki langkah-langkah prefentif dalam mengantisipasi hal tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melaksanakan monitoring terhadap ketersediaan bahan pokok hingga kenaikan harga yang terjadi di pasar.

“Upaya kita salah satunya yaitu dengan melakukan monitoring pasar, contohnya seperti Inspeksi Dadakan (Sidak), tujuannya untuk mengecek langsung bagaimana ketersediaan pokok di Anambas, apakah ada kendala atau tidak,” ujarnya, Minggu 29 Januari 2023.

Masih kata Sahtiar, kelangkaan bahan pokok juga menjadi atensi yang serius bagi Pemerintah Daerah, sebab hal tersebut sangat berpengaruh dalam naik dan turunnya harga di Anambas.

Maka dari itu, pihaknya hingga kini terus berupaya menjaga kestabilan harga di Kabupaten Kepulauan Anambas, terlebih saat tengah terjadi cuaca esktrim.

“Seperti cuaca ekstrim sekarang, bahan pokok di daerah kita saat ini masih menggunakan kapal kargo, sehingga apabila gelombang tinggi tidak bisa berlayar. Oleh karena itu, dari kami tetap akan berupaya menjaga kestabilan harga di pasar,” jelas Sahtiar.

Tak hanya itu, Ia menambahkan, selain melakukan monitoring terhadap ketersediaan bahan pokok dan kenaikan harga, dalam mencegah inflasi Pemerintah Daerah juga memberikan bantuan pinjaman kepada para pelaku usaha di Anambas.

“Pemerintah Daerah melalui Disperindag juga ada memberikan bantuan pinjaman kepada pelaku usaha maupun masyarakat yang ingin membuka usaha, hal itu merupakan salah satu cara kita dalam mencegah inflasi,” tutur Sahtiar.

Sahtiar berharap, dengan adanya upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut, dapat mencegah adanya inflasi, sehingga perekonomian di Anambas bisa terus mendapatkan nilai plus dari Pemerintah Pusat.

“Intinya kita tetap akan berupaya menjaga kestabilan harga di Anambas, dan semoga dengan langkah-langkah yang kita lakukan, dapat menekan adanya potensi inflasi disini,” pungkasnya.(Fj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed