oleh

BPS Anambas :Perekonomian Tahun 2022 Tumbuh Stabil

ANAMBASNEWS.COM – Pada tahun 2022, Perekonomian Kepulauan Anambas menunjukkan perkembangan yang positif, diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB). Selasa 28 November 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas menunjukkan PDRB mencapai Rp 19.909,1 miliar dengan migas, Rp 3.275,5 miliar tanpa migas, dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 11.118,2 miliar dengan migas, Rp 2.137,6 miliar tanpa migas.

Meskipun pertumbuhan ekonomi hanya mencapai 0,09 persen, ini menandakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 0,04 persen.

Pertumbuhan ekonomi Kepulauan Anambas yang mencapai 3,62 persen tanpa migas menunjukkan keberlanjutan pertumbuhan yang positif.

Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor turut berkontribusi signifikan dengan pertumbuhan sebesar 0,25 persen, memberikan keberagaman dalam struktur ekonomi.

Pentingnya peran Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga terlihat dari kontribusinya yang mencapai 0,84 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.

Meskipun terdapat sektor migas yang memberikan kontribusi, pertumbuhan yang berfokus pada sektor-sektor non-migas menunjukkan keberagaman dalam struktur ekonomi Kepulauan Anambas.

Dari perspektif regional, PDRB Kepulauan Anambas pada tahun 2022 memberikan kontribusi sebesar 6,54 persen terhadap PDRB Kepulauan Riau, menunjukkan pentingnya peran Kepulauan Anambas dalam konteks ekonomi regional.

Keseluruhan, data ekonomi ini mencerminkan ketahanan dan potensi pertumbuhan Kepulauan Anambas di tengah dinamika ekonomi global. (Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed