oleh

Wagub Marlin : Selamat Untuk Kota Batam Juara Umum MTQ Ke IX Tingkat Provinsi Kepri

-Anambas-211 views

ANAMBASNEWS.COM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj Marlin menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Kepulauan Anambas, di Masjid Agung Makmur, Rabu 20 Juli 2022 malam.

“Selamat kepada Juara Umum MTQ ke-IX Provinsi Kepulauan Riau, Juara I di raih Kota Batam, Juara II Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Juara III  Kabupaten Karimun,” ucap Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj Marlin.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin, mengatakan, sejak pembukaan MTQ Ke-IX Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, yang mulai dilaksanakan tanggal 14 Juli 2022 lalu, sampai pada acara penutupan ini, tanpa terasa telah berlangsung selama tujuh hari.

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya dan masyarakat Kepulauan Riau umumnya, telah diperdengarkan lantunan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, yang dikumandangkan dengan merdu dan baik oleh para Qari’-Qari’ah, Hafizh-Hafhizah dan Mufassir-Mufasshirah melalui tayangan live streaming dari daerahnya masing-masing, termasuk juga perlombaan lainnya yang telah turut serta ikut menyemarakkan kegiatan pelaksanaan MTQ Provinsi Kepri kali ini.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an ini, kami harapkan akan menjadi penyebab lahirnya generasi yang unggul, profesional, dan Qur’ani untuk Kepri yang lebih maju, serta bisa menggemakan syiar Islam baik pada saat pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan MTQ ini,” ucap Wagub Marlin.

Adapun salah satu dari tujuan pelaksanaan MTQ ini adalah untuk memantapkan nilai agama di tengah masyarakat dan mengembangkan pendidikan Al-Qur’an di masyarakat. Sehingga suksesnya MTQ ini akan ditandai dengan adanya dampak berupa pembentukan mental dan karakter yang mewarnai perilaku manusia di tengah masyarakat.

Karakter yang terbentuk dari nilai-nilai Al-Qur’an ini diharapkan akan mampu menjadi sumber inspirasi dalam menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari lingkup individu, masyarakat, hingga dalam kehidupan sehari-hari.

“Betapapun banyaknya ujian dan cobaan lainnya, terutama wabah Covid-19 ini, InsyaAllah akan kita hadapi dan atasi bersama dengan jiwa yang matang dan iman kepada Allah SWT. Iman akan melahirkan optimisme dan kearifan untuk menemukan solusi-solusi terbaik, baik itu masalah yang kecil maupun yang besar,” jelas Marlin.

“MTQ Ke-IX Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang telah kita ikuti pelaksanaannya, semoga menjadi penyemangat bagi kita semua, baik selaku orang tua dan generasi milenial khususnya untuk terus mempelajari dan menghayati isi yang terkandung dalam Al-Qur’an serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hidup kita akan lebih mudah dan bermakna, baik dalam hubungan kita sesama manusia, terlebih lagi hubungan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” terangnya.

“Kami mengharapkan kepada kita semua, khususnya kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepulauan Riau masa bhakti 2021 – 2024, untuk terus-menerus meningkatkan serta berupaya melakukan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan terhadap masyarakat, khususnya kepada generasi muda, agar gemar untuk mempelajari, mendalami, menghayati dan lebih mencintai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Marlin.

Ia juga berharap kepada pengurus LPTQ Provinsi Kepulauan Riau agar benar- benar mempersiapkan duta-duta yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada MTQ Ke- XXIX Tingkat Nasional Tahun 2022 yang akan diselenggarakan Insya Allah di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, yang diharapkan dapat memberikan prestasi yang terbaik, sehingga dapat mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional.

Marlin menyebut, selamat kepada para peserta yang telah berhasil memperoleh predikat terbaik I, II dan III pada pelaksanaan MTQ Provinsi kali ini. Tentunya keberhasilan yang telah diraih saat ini, jadikanlah sebagai awal guna memperoleh prestasi-prestasi lainnya di masa yang akan datang.

“Kepada peserta yang belum berhasil pada tahun ini kami berpesan, jangan kecewa apalagi sampai berputus asa. Teruslah belajar dan berusaha dengan lebih giat lagi untuk mempelajari Al-Qur’an dari segala disiplin ilmu yang ada,” cetusnya.

Dalam hal ini, mudah- mudahan pada masa mendatang, akan memperoleh kerberhasilan dan kesuksesan dengan lebih baik lagi dari saat ini. Marlin juga memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan kepada seluruh pihak- pihak lainnya yang tidak dapat disebut satu persatu, yang telah bekerja keras dengan penuh keikhlasan, demi suksesnya penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-IX kali ini. “Semoga ini semua menjadi amal dan ibadah bagi para Bapak dan Ibu panitia serta mendapatkan Ridho dari Allah SWT,” imbuhnya.

“Semoga pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Provinsi Kepulauan Riau ke-IX Tahun 2022 kali ini, akan memiliki peran penting dalam mewujudkan fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana harapan kita semua untuk menjadikan masyarakat Kepulauan Riau menjadi masyarakat yang Qur’ani dan mewujudkan Provinsi Kepulauan Riau Yang Makmur, Berdaya Saing, dan Berbuday,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengatakan, kegiatan MTQ di laksanakan pada Tanggal 14 Juli lalu Dengan harapan bahwa MTQ ini bukan hanya sekedar kegiatan yang rutin diadakan dua tahun sekali tetapi yang lebih besar lagi, perhelatan akbar ini menjadikan silaturahmi.

“Semakin baik, bisa saling mengenal dan bertambah dekat hubungan satu sama lainnya, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, untuk menjadikan provinsi Kepeulauan Riau semakin maju dan penuh berkah, serta berjaya,” kata Abdul Haris.

‘Kami dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam acara penutupan ini mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Umum LPTQ Provinsi Kepulauan Riau, Forkopimda Kabupaten/Kota, Ketua dan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Bupati/wali kota, dewan hakim, official kafilah, serta seluruh lapisan masyarakat atas partisipasinya, serta berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan religi ini,” kata Bupati Abdul Haris.

Abdul Haris menjelaskan, selaku tuan rumah pihaknya berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para kafilah, dewan hakim serta semua tamu yang datang di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Namun kami juga menyadari bahwa ditempat kami ini, dengan keterbatasan Infrastuktur, kondisi alam yang tidak stabil,dan kita semua tidak ada yang sempurna. Atas semua kekurangan kami, atas nama masyarakat anambas dari lubuk hati yang paling dalam, saya memohon maaf yang sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Haris menyampaikan, selamat kepada seluruh peserta disemua cabang lomba yang sudah memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam musabaqah Tilawatil quran ke 9 Provinsi Kepulauan Riau di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Selamat perserta yang terbaik 1, 2 dan 3 semoga nanti bisa mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat nasional maupun internasional,” pintanya. (*Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed