oleh

Tanjungpinang Peroleh Piala Anugerah Adipura 2023

ANAMBASNEWS.COM, Tanjungpinang – Kota Tanjungpinang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, kembali meraih prestasi gemilang dalam pengelolaan lingkungan.

Pada tahun 2023, kota ini memperoleh Piala Anugerah Adipura dalam kategori kota sedang. Penghargaan ini merupakan bukti nyata atas kesungguhan dan komitmen Kota Tanjungpinang dalam menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaannya.

Piala Anugerah Adipura diserahkan langsung kepada Penjabat (Pj) Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta.

Penghargaan ini tidak hanya sekadar piala, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi kepada kota-kota yang berhasil dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya bahwa penghargaan Adipura akan menjadi pemicu semangat bagi semua wilayah untuk mengatasi persoalan sampah dan menjaga ruang terbuka hijau.

“Ini mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menangani isu lingkungan, yang menjadi tantangan global yang semakin mendesak,” ungkap Ma’aruf, Selasa 5/3/2024.

Menyikapi pemberian penghargaan Adipura, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, menjelaskan bahwa penilaian dilakukan berdasarkan pemantauan fisik kota, kinerja pengelolaan sampah, dan ruang terbuka hijau. Aspek-aspek ini menjadi tolok ukur bagi sebuah kota untuk meraih penghargaan Adipura.

Adipura bukan sekadar penghargaan biasa. Ini mencerminkan komitmen sebuah kota atau kabupaten dalam membangun lingkungan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

Prinsip tata pemerintah yang baik menjadi landasan dalam mencapai tujuan tersebut, dengan melibatkan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

Hasan, yang menerima penghargaan atas nama Kota Tanjungpinang, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan ini.

Dia juga menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaannya. Penghargaan ini tidak hanya menjadi penyemangat, tetapi juga motivasi bagi mereka untuk terus berbuat yang terbaik dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Terima kasih disampaikan kepada seluruh masyarakat, komunitas lingkungan, proklim, bank sampah, RT/RW, dan perangkat daerah yang terus mendukung dalam menciptakan lingkungan bersih di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Ini adalah bukti nyata bahwa upaya menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat.(Anwar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed