oleh

Tahun 2024, Dinsos Natuna Ajukan 4 Pembangunan Lumbung Pangan

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Dalam upaya memperkuat ketangguhan masyarakat terhadap bencana, diperlukan adanya fasilitas dan prasana logistik (lumbung sosial) yang mendukung kesiapsiagaan.

Lumbung Sosial berguna untuk memudahkan warga menjangkau bantuan dengan cepat sehingga kebutuhan pokok tercukupi jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Kepala Dinas Sosial kabupaten Natuna, Puryanti, mengatakan, pihaknya sudah mendirikan lumbung sosial di kecamatan Serasan dan Serasan Timur pada tahun lalu.

Pembangunan lumbung sosial ini kata dia sangatlah penting, apalagi di Serasan dan Serasan Timur merupakan daerah rawan bencana longsor.

“Sudah pak, di kecamatan Serasan dan Serasan Timur,” pungkasnya ketika dikonfirmasi awak media ini melalui jaringan whats’app, Selasa, 19 Desember 2023.

Lebih lanjut Puryanti mengatakan, selain di Serasan dan Serasan Timur, pihaknya sudah mengajukan pembangunan lumbung sosial di daerah lainnya pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana, pembangunan lumbung sosial diajukan untuk empat kecamatan lainnya antara lain, Pulau Laut, Pulau Subi, Midai dan Suak Midai.

“Kita berharap apa yang diusulkan bisa terakomodir, sehingga pembangunannya dapat dilaksanakan. Ini sangat penting karena bencana itu bisa terjadi kapan saja,” ujar Puryanti.

Beberapa bulan lalu saat meninjau bencana tanah longsor yang menelan puluhan korban jiwa di Serasan, Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengemukakan bahwa Pulau Serasan, perlu mendirikan lumbung sosial sebagai upaya mitigasi bencana.

Ia mengatakan lumbung sosial merupakan tempat pengungsian yang dilengkapi dengan makanan, pakaian, pempers, genset, dan solarsel sementara dengan daya 1000 watt. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed