oleh

Tahun 2023, Kakansar Natuna Catat Laksanakan 20 Operasi SAR

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kakansar) Natuna, Abdul Rahman, melalui bidang siaga dan operasi pencarian dan pertolongan Natuna mencatat setidaknya terdapat 20 kali pelaksanaan operasi SAR yang telah terlaksana selama Tahun 2023.

Secara keseluruhan wilayah tanggung jawab Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna meliputi Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Dimana keberadaan Pos SAR Anambas, Unit Siaga SAR Jemaja, Unit Siaga SAR Pulau Laut dan Unit Siaga SAR Serasan aktif mendukung dalam pelaksanaan siaga dan operasi SAR.

“Terdapat 20 kali pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) yang dilakukan oleh Kantor SAR Natuna baik meliputi kecelakapan kapal, kondisi membahayakan manusia, hingga bencana alam,” terang Abdul Rahman, Kakansar Natuna, Sabtu 30 Desember 2023 pagi.

Keseluruhan pelaksanaan operasi SAR didominasi dengan adanya laporan kecelakan yang terjadi di zona maritim sebanyak 15 kejadian, diikuti sebanyak tiga kejadian bencana alam dan dua kejadian lainnya merupakan kondisi membahayakan manusia (KMM).

Dari hasil pelaksanaan seluruh operasi SAR, tercatat sebanyak 44 orang berhasil diselamatkan, 14 orang masih dalam pencarian (hilang) dan 51 orang meninggal dunia dimana 50 orang diantaranya merupakan korban dari musibah bencana longsor di serasan.

Pelaksanaan operasi SAR yang terjadi di tahun 2023 sendiri mengalami peningkatan sebanyak 15% dari tahun sebelumnya di 2022 dengan 17 kejadian.

“Kita menyadari kedepan tantangan akan semangkin luas dan kompleks, sehingga perlu ditingkatkan edukasi dan sosialiasi tentang keselamatan jiwa dan SAR itu sendiri, maka itu menjadi tanggung jawab kita bersama,” sambung Abdul Rahman saat memberi keterangan.

Budiman, Kepala Sub Seksi Siaga dan Operasi menambahkan bidangnya juga telah terlibat melaksanakan sejumlah latihan nasional maupun internasioal selama tahun 2023 diantaranya, Latihan Beregu di Perairan (Simulasi pelaksanaan Operasi SAR di Pulau Senoa), Latihan Satuan Gunung dan Hutan (Simulasi pelaksanaan Operasi SAR di Gunung Hutan Ranai), SAR Communications Exercise Bersama Negara Malaysia, ASEAN Exercise 01 Natuna (Latihan Gabungan Bersama Negara ASEAN). (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed