oleh

Rumah BUMN Natuna Jangkau Pelaku UMKM Terdampak Bencana Alam

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Natuna tidak hanya menjadi pusat pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan penyedia dukungan finansial. Mereka juga terlibat dalam kegiatan sosial, khususnya dalam program tanggap bencana.

Ayundia Setianingsih, Fasilitator Rumah BUMN Natuna, menjelaskan bahwa aksi sosial ini merupakan bagian dari inisiatif tanggap bencana, yang bertujuan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah alam.

Namun, bantuan ini memiliki batasan, hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN Natuna.

“Saya ingin sampaikan bahwa kami juga menyediakan bantuan sosial untuk musibah seperti longsor, banjir, dan angin puting beliung. Namun, ini berlaku khusus untuk pelaku UMKM yang terdaftar di Rumah BUMN Natuna,” ungkap Ayundia pada Selasa, 19 Desember 2023, di kantornya.

‘Ayu,’ panggilan akrab Ayundia, menyebutkan bahwa sebelumnya, saat terjadi bencana longsor di Serasan, pihak Rumah BUMN Natuna telah memberikan bantuan sebesar Rp 65 juta. Bantuan tersebut disalurkan melalui pemerintah kabupaten Natuna.

“Waktu terjadi longsor di Serasan, kami memberikan bantuan melalui Sekda Natuna,” tambahnya.

Meskipun demikian, Ayundia tidak dapat memastikan besaran anggaran bantuan yang akan diberikan pada setiap kejadian bencana. Besarnya anggaran tergantung pada kebijakan pusat, sementara pihaknya bertugas mengusulkan bantuan tersebut.

Dengan keterlibatan Rumah BUMN Natuna dalam respons terhadap bencana alam, terbuka peluang bagi para pelaku UMKM terdaftar untuk mendapatkan dukungan sosial yang tidak hanya memperkuat bisnis mereka tetapi juga mendukung pemulihan komunitas dalam menghadapi cobaan alam. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed