oleh

Rumah BUMN Natuna Berencana Ekspor Produk UMKM ke Luar Negeri

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Natuna berencana mengekspor produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Natuna untuk dipasarkan ke luar negeri.

“Saat ini tengah kita siapkan produknya dan kita berikan berbagai pelatihan mulai dari packing hingga pembukuan,” kata Fasilitator Rumah BUMN Natuna, Ayundia Setianingsih saat ditemui media ini dikantornya, Selasa 19 Desember 2023.

Ayundia menjelaskan, bahwa produk yang akan diekspor diantaranya kerupuk ikan iris, kerupuk cumi iris, ikan asin, dan ikan tongkol salai.

“Untuk tahap awal rencananya kita ekspor dulu kerupuk ikan iris dan kerupuk cumi iris,” ungkap Ayundia yang biasa disapa Ayu.

Ayu menuturkan, masing-masing produk akan dieskspor sebanyak satu ton.

“Kita coba dulu 500 kilo, karena ini pertama kita ekspor, tapi untuk yang kerupuk ikan iris sudah pernah mau kita ekspor beberapa tahun lalu ke Arab Saudi namun terkendala,” ujarnya.

Ayu menerangkan, kendalanya karena UMKM Natuna tidak mampu memproduksi setiap bulannya.

“Jadi, ada UMKM yang kita bina, mereka mau produk mereka dieskpor, dan mereka mau juga produk mereka satu rasa, kalau sudah diekspor itu produknya harus satu rasa,” ungkap Ayu.

Ayu menyatakan, bahwa untuk pengurusan cukai, izin dan Morandum of Understanding (MoU) pihaknya yang akan mengurusnya.

Rumah BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed