oleh

Kades Babandi Optimis Jongkong Layar Batu Belah Juarai Lomba HUT RI Tingkat Kecamatan

ANAMBASNEWS.COM – Kepala Desa Batu Belah, Babandi, berharap dengan Jongkong Layar yang dimiliki desa bisa kembali memenangkan di Lomba HUT RI di Kecamatan Siantan Timur yang wacananya akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2022 mendatang.

“InsyaAllah kita optimis menang di Festival mendatang, sebab persiapan sudah kita siapkan,” ucap Babandi pada media ini, Minggu 31 Juli 2022 pagi.

Keterangan Foto : Kepala Desa Batu Belah Bersama Pemain Jongkong Layar.

Babandi menjelaskan, Desa Batubelah memiliki dua unit Jongkong Layar yang sering digunakan dalam beberapa pertandingan perlombaan seperti Festipal, maupun acara besar di tingkatkan kecamatan dan desa.

“Kami berharap Jongkong Layar Batu Belah jadi Objek wisata Internasional,” katanya.

Awal mulanya, berdirinya Festival Jongkong Layar ini pada tahun 2018, yang idenya selenggarakan oleh Camat Siantan Timur untuk di adakan setiap HUT kecamatan, maupun HUT RI.

“Sehingga Festipal ini rutin satu tahun sekali diadakan, namun sempat terhenti karena terkendala pandemi COVID-19, alhamdulilah tahun ini di adakan kembali,” sebut Babandi.

Ia mengakui, setiap acara Festival Jongkong Layar Desa Batu Belah sudah meraih 3 kali Juara 1 tingkat kecamatan berturut-turut.

Dengan harapan Festival Jongkong Layar bisa menjalin silaturahmi antara desa satu dengan desa yang lainya. Kemudian melestarikan Budaya yang dimiliki setiap desa. Serta event Jongkong Layar tembus ke kancah Nasional maupun Internasional.

“Saya berharap dengan Festipal Jongkong Layar ini tidak hanya tingkat kecamatan tapi bisa diadakan ditingkat kabupaten, provinsi, Nasional, maupun Internasional. Hal ini agar budaya melestarikan nelayan menggunakan Jongkong warisan leluhur tetap terjaga dan terpelihara hingga akhir hayat secara turun-temurun,” pintanya. (Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed