oleh

Ini Pemicu Kenaikan Harga Beras Premium di Tanjungpinang

ANAMBASNEWS.COM, Tanjungpinang –  Kenaikan harga beberapa merek beras premium di Kota Tanjungpinang menjadi sorotan utama belakangan ini.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tanjungpinang, Hj. Riany, kenaikan ini dipicu oleh faktor cuaca yang mempengaruhi produktivitas panen di daerah penghasil beras.

“Hal ini menyebabkan kenaikan harga pada beberapa merek beras premium seperti Gajah Merah naik sekitar 2,36 persen dan Padang Raya naik sekitar 2,96 persen. Meskipun demikian, beberapa merek lain seperti Merak dan Kalajengking tidak mengalami kenaikan harga,” ujarnya, Senin, 26 Februari 2024.

Riany menyebut, penting bagi masyarakat untuk tidak panik dan melakukan pembelian berlebihan (panic buying) karena kenaikan harga beras premium bukan disebabkan oleh keterbatasan persediaan, melainkan lebih kepada kondisi cuaca yang memengaruhi hasil panen.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa pasokan beras di Tanjungpinang masih stabil dan mencukupi untuk kebutuhan, termasuk menghadapi bulan puasa yang biasanya meningkatkan konsumsi.

Selain beras, Riany juga mencatat bahwa komoditi lain seperti gula pasir masih stabil dalam kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 16.000 per kilogram.

“Bahkan, beberapa komoditi seperti bawang merah Jawa, bawang merah India, dan bawang merah Birma mengalami penurunan harga minggu lalu antara 3,57 persen hingga 4,90 persen,” tuturnya.

Dengan demikian, dari tinjauan lapangan yang dilakukan, pasokan kebutuhan pokok masyarakat Tanjungpinang masih terjamin. Meskipun adanya kenaikan harga pada beberapa produk, kebutuhan mendasar masih dapat dipenuhi dengan baik.(Anwar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed