oleh

BUMDesa Gunung Samak Diresmikan, Kades Surianto Harap Tingkatkan Perekonomian

ANAMBASNEWS.COM – Kepala Desa Tarempa Selatan, Surianto berharap dengan telah diresmikan Gedung Badan Usaha Milik Desa BUMDesa Gunung Samak bisa meningkatkan perekonomian Masyarakat.

“Sesuai amanat dari Pemerintah, tujuan kita sederhana, yaitu mengurangi angka kemiskinan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, khususnya di Desa Tarempa Selatan,” kata Kades Surianto, Kamis 15 September 2022.

Ia menerangkan, BUMDesa Gunung Samak memiliki beberapa program, yakni peternakan telur bebek Ngendog Bahagia dan peternakan lele Panen Terus.

“Program BUMDesa saat ini yaitu peternakan telur bebek dan juga peternakan lele, kami bekerja sama dengan tim teknis dari Dinas Pertanian, Perikanan, dan Pangan (DPPP) Anambas menyerahkan bibit bebek petelur kepada 14 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sekarang sudah bisa di panen,” ucapnya.

“Untuk peternakan lele, kita berupaya menghasilkan bibit sendiri, karena apabila kita terus membeli bibit dari Tanjungpinang, maka modal yang dikeluarkan peternak menjadi lebih mahal dengan berbagai resiko selama pengiriman,” lanjut Surianto.

Ia menambahkan, hasil dari ternak lele yang sudah panen akan di distribusikan ke para penjual pecel lele di Tarempa, sehingga para penjual tersebut akan mengambil lele dari BUMDesa Gunung Samak dengan tetap mengikuti harga pasar.

Ia juga berharap dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam pengembangan BUMDesa Gunung Samak.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan, Abdul Haris mengatakan, bahwa program-program yang dimiliki oleh BUMDesa Gunung Samak merupakan salah satu hal yang sangat bagus dalam membantu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurutnya, masyarakat Desa Tarempa Selatan memiliki banyak inovasi dan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan suatu usaha.

Ia berharap dengan adanya BUMDesa Gunung Samak ini, masyarakat yang ada di Desa Tarempa Selatan bisa ikut diberdayakan serta meningkatkan tenaga kerja dan perekonomian.

Turut hadir, Staff Ahli Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Sekretaris Disperindagkop Anambas, Kepala DPPP Anambas, Camat Siantan, Lurah Tarempa serta Ketua Kadin Anambas. (*Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed