oleh

BPBD Natuna Imbau Masyarakat Waspadai Dampak Kabut Asap Kiriman dari Kalimantan

-Natuna-34 views

ANAMBASNEWS.COM — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, mengaku merasakan perih pada matanya saat beraktivitas di luar ruangan. Hal itu disebabkan oleh kabut asap yang melanda Natuna sejak 3 hari lalu.

“Memang saya sendiri merasakan mata perih,” ujar Raja Darmika ditemui awak media, Selasa (5/9/2023) di ruang rapat Kantor Bupati Natuna.

Raja Darmika mengungkapkan, kabut asap yang menyelimuti Natuna diduga berasal dari kebakaran lahan yang terjadi di Pulau Kalimantan. Adapun faktor asap bisa sampai ke Natuna, karena dipengaruhi hembusan angin tenggara.

“Posisi Kalimantan ada di tenggara Pulau Natuna, sehingga besar kemungkinan asap dari sana. Karena titik hot spot di Kalimantan cukup banyak dan diperkuat analisa BMKG, itu memang benar kejadian asap yang terjadi di Natuna bersumber dari kebakaran di Kalimantan,” jelasnya.

Lanjut Raja Darmika mengatakan, BPBD Natuna akan membagikan masker kepada masyarakat. Mengingat kabut asap tersebut diprediksi masih akan terus menyelimuti Natuna hingga 2-3 hari ke depan.

“Kita juga menghubungi BPBD provinsi untuk kirimkan masker ke kita, karena masker medis dan kain kita terbatas,” sebutnya.

“Selanjutnya kita buat surat ke kepala desa dan camat, untuk mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar untuk dikurangi, kalau pun terpaksa, gunakanlah masker,” imbuhnya. *** (YAHYA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed