oleh

BPBD Anambas Respon Cepat Bencana Banjir di Siantan

ANAMBASNEWS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas merespons cepat bencana banjir yang melanda Kecamatan Siantan, terutama di Kelurahan Tarempa, Minggu 19 November 2023.

Banjir ini dipicu oleh hujan lebat sejak pagi, menyebabkan debit air dari pegunungan menggenangi daerah rendah.

Kepala Pelaksana BPBD Anambas, Madison menjelaskan bahwa langkah pertama yang diambil adalah pendataan korban di titik banjir seperti Jalan Patimura, Jalan Raden Saleh, Jalan Tongkol, dan Imam Bonjol.

Pihak BPBD turun langsung ke lapangan, memberikan bantuan reaksi cepat, dan mempersiapkan bantuan sandang dan pangan untuk masyarakat yang terdampak.

“Dalam menghadapi situasi ini, kita telah menyiapkan 600 paket makanan siap saji dan 9 paket perlengkapan bayi serta selimut untuk korban banjir di Kelurahan Tarempa. Ini sebagai langkah awal sebelum pendirian dapur umum yang direncanakan akan segera dilaksanakan,” ungkap Madison.

Selain itu, Madison juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk yang dapat menyebabkan bencana serupa.

Dia juga menekankan pentingnya pelaporan kejadian bencana kepada BPBD Anambas atau pihak terkait guna memastikan respons yang lebih efektif dan tepat waktu.

Koordinasi antara BPBD Anambas dan instansi terkait menjadi kunci dalam penanggulangan bencana ini, dengan harapan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan serta memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat terdampak. (Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed