oleh

Wujudkan Generasi Muda Hidup Sehat, Jefridin Ajak Remaja Dukung Gemas Sehat Tanpa Asap Rokok

-Batam, Berita-32 views

ANAMBASNEWS.COM, Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri Seminar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk Remaja yang ditaja Dinas Kesehatan Kota Batam, di Hotel Planet Holiday, Kamis (31/8/2023). Seminar dihadiri sebanyak 500 siswa SMA, dari 88 sekolah negeri dan swasta se-Kota Batam.

Seminar yang mengangkat tema “Wujudkan Generasi Muda Sehat Tanpa Rokok dan Minuman Beralkohol” ini berangkat dari hasil studi, yang menunjukkan bahwa perokok berat biasa memulai kebiasaan merokok sejak masih berusia belasan tahun.

“Mari ananda semua jaga kesehatan. Kesehatan itu sangat penting, salah satunya dengan berhenti merokok. Kalian masih muda, berhenti bagi yang sudah merokok dan yang belum jangan coba-coba karena tidak ada untungnya, saya merasakan sendiri. Kalau kita tidak sehat, tidak ada gunanya kita hidup ini,” ucap Jefridin.

Pada kesempatan itu Jefridin sedikit menceritakan pengalamannya kepada para siswa, untuk sebisa mungkin hidup sehat tanpa rokok. Dimana hidup sehat tanpa rokok ini juga merupakan salah satu dari 7 pilar Germas. Sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017, sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

“Merokok bisa membuat wajah jadi tua. Usai saya berhenti baru nampak wajah saya cerah. Ini juga merupakan program nasional yang menginstruksikan Kepala Daerah,” katanya.

Jefridin atas nama Pemerintah Kota Batam dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan, yang telah berkolaborasi dengan sekolah dan siswa yang hadir. Guna mendukung Germas sebagai edukasi siswa untuk hidup sehat. Melalui Germas, juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Batam dengan menggandeng masyarakat untuk mendukung Batam kota sehat.

“Saat ini Kampung Germas sudah dicanangkan di 37 kelurahan. Kita berharap semua sekolah juga melakukan ini, pada 88 sekolah yang hadir. Berikan sosialaisasi, karena banyak manfaat untuk kita semua. Dari 7 pilar germas selain tidak merokok, juga mari hidup sehat dengan berolaharaga,” tuturnya.

Ia menambahkan, Germas sendiri memiliki 7 pilar. Diantaranya melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, idak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Editor : Sarwanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed