oleh

Wabup Anambas Tegaskan Pendidikan Pilar Utama Keberhasilan Pembangunan Daerah

ANAMBASNEWS.COM – Sehubungan dengan peringatan HUT PGRI ke-78, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, di Gedung BPMS Kecamatan Siantan, Sabtu 25 November 2023 malam.

Acara ini menjadi panggung penghargaan bagi sejumlah guru yang telah memberikan dedikasi luar biasa dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan Pimpinan DPRD.

Dalam pidatonya, Kadisdikpora Kepulauan Anambas, Tony Karnain, menyoroti inovasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka sebagai hasil dari reformasi sistem kependidikan.

“Transformasi kurikulum ini mengharuskan guru untuk menyesuaikan diri dan merancang pembelajaran holistik berbasis inklusif sesuai dengan kompetensi siswa,” ujarnya.

Tony mengungkapkan bahwa Kepulauan Anambas memiliki 1.493 guru, terdiri dari 369 P3K, 517 PNS, dan 620 tenaga honorer, yang tersebar di seluruh kecamatan. Dia menyoroti tantangan seperti kondisi geografis, lemahnya jaringan internet di beberapa desa, dan rendahnya motivasi guru untuk keluar dari zona aman mengajar di dalam kelas.

“Meskipun dihadapkan pada sejumlah kendala, guru di Kepulauan Anambas tetap berjuang mencapai target implementasi Kurikulum Merdeka,” ungkapnya.

Tony menekankan bahwa hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan hampir semua satuan pendidikan aktif dalam melaksanakan kurikulum merdeka.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, menegaskan bahwa pendidikan merupakan pilar utama dalam mengukur keberhasilan pembangunan daerah.

“Komitmen pembangunan di bidang pendidikan tidak hanya terfokus pada infrastruktur, melainkan juga pada kualitas pendidik dan pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Tim dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kepri melakukan pemantauan terkait pembelajaran di Anambas.

Wan Zuhendra menekankan perlunya tindak lanjut bersama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mencatat bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas masih dalam kategori merah, namun hal ini menjadi dorongan untuk terus meningkatkan progres dan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. (ADV)

(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed