oleh

Sukseskan Pilkada 2024, Pemkab Anambas Hibahkan Rp23,5 Miliar untuk KPU dan Bawaslu

ANAMBASNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), mengambil langkah strategis dengan mengalokasikan dana hibah guna menjamin kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Kepala Bakesbangpol Kepulauan Anambas, Herry Fachrizal, memaparkan bahwa anggaran sebesar Rp15,5 miliar dialokasikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapatkan alokasi sebesar Rp8,020 miliar.

“Sebagai langkah awal, Bakesbangpol telah mentransfer 40 persen dari total anggaran tersebut pada akhir tahun 2023 lalu, dengan sisanya sekitar 60 persen akan disalurkan pada bulan Juni-Juli 2024,” tuturnya Rabu 24 Januari 2024.

Herry menjelaskan bahwa pengalokasian dana hibah ini memperhitungkan mekanisme serta ketersediaan anggaran di pemerintah daerah. Dengan asumsi penyaluran sisanya sekitar bulan Juni-Juli 2024, pihaknya berharap dapat mendukung kelancaran tahapan Pilkada.

Total dana hibah untuk tahun 2024 mencapai lebih dari Rp17 miliar, yang tidak hanya ditujukan untuk KPU dan Bawaslu. Bagian dari dana tersebut juga diperuntukkan untuk pengamanan Pemilu, melibatkan Polri dengan anggaran Rp1,5 miliar, TNI AL sebesar Rp500 juta, dan TNI AD dengan alokasi Rp480 juta.

Meskipun demikian, Herry menegaskan bahwa dana hibah untuk aparat keamanan belum disalurkan, mengingat tahapan Pilkada belum dimulai. Langkah proaktif ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan keberlangsungan Pilkada 2024 berjalan dengan aman dan lancar.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed