oleh

Sekda Lantik Kwarran Batam Masa Bakti 2023-2026

ANAMBASNEWS.COM, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. melantik pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Batam Kota Masa Bakti 2023-2026 serta Pramuka Garuda di Mall Botania 2 lantai 2, Sabtu 30 September 2023.

Selaku Ketua Kwarcab, Ia mengucapkan selamat kepada pengurus Kwarran yang baru dilantik. Kepada pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat mengemban tugas dengan baik.

Kepada pengurus Kwarran Batam Kota yang baru dilantik Ia menegaskan Pramuka adalah wadah tempat menempah diri agar menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga. Jangan pernah menyesal dan ragu untuk masuk Pramuka.

“Pramuka adalah tempat orang-orang yang selalu berpikir positif pada siapapun. Selamat kepada Kakak-kakak yang baru saja dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun,” pesan Sekretaris Daerah Kota Batam ini.

Kepada Camat yang secara otomatis menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Ia menitipkan pesan agar menjadikan Kepramukaan ini sebagai ladang pengabdian. Juga sebagai salah satu ibadah, untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan yang Maha Esa.

Sebagai seorang Kamabiran bertugas memfasilitasi kegiatan yang ada di Kwarran Kecamatan Batam Kota. Secara operasional kegiatan dilaksanakan oleh Kwarran, yang bertugas mewadahi organisasi Kepramukaan yang ada di gugus depan.

“Buatlah pendidikan kepramukaan dengan berbagai kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, terarah dan praktis. Kepramukaan ini adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia,” ujar pria kelahiran Selatpanjang ini.

Bagi peserta didik Kepramukaan adalah wadah pembentukan watak, karakter, akhlak dan budi pekerti luhur. Untuk itu seluruh sekolah yang ada di Kota Batam harus mempunyai Gugus Depan, sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota. Baik dari tingkat SD sampai dengan SMA. Kepada sekolah yang belum membentuk Gugus Depan, suami dari Hariyanti ini meminta agar segera dibentuk.

“Harapan Saya ditiap Gugus Depan minimal ada dua pembina yang sudah tersertifikasi. Artinya sudah pernah mengikuti pendidikan mahir dasar. Dengan demikian Kepramukaan di Kota Batam akan semakin maju dan menunjukkan kiprahnya. Kwarcab akan melakukan penilaian terhadap Gugus Depan yang tergiat, tentunya akan ada reward nanti,” katanya mengakhiri sambutan.

Adapun prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK), Tri Satya dan Ikrar Majelis Pembimbing Ranting, Ikrar Pengurus Kwartir Ranting dan kata–kata pelantikan.

Dilanjutkan dengan penandatangan Naskah Pelantikan, dan Penyematan Tanda Jabatan. Secara simbolis penyematan tanda jabatan disematkan kepada Ketua Mabiran Kecamatan Batam Kota, Firman Hidayat.

Camat Batam Kota yang baru dilantik dalam sambutannya mengatakan bahwa ini awal dalam mengemban tugas sehingga apa yang dicita-citakan pimpinan bisa tercapai.

“Tanpa kebersamaan apa yang dicita-citakan tidak bisa tercapai,” tuturnya.(Burhan)

Editor: Sarwanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed