oleh

Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kepri Gelar Sosialisasi PPM

-Berita, Kepri-41 views

ANAMBASNEWS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar acara sosialisasi Pemberdayaan Perlindungan Masyarakat (PPM) dalam rangka Ketertiban Umum (KAMTIBUM) di Holiday Karimun Hotel, Kabupaten Karimun, Senin 4 Desember 2023.

Acara ini resmi dibuka oleh Kasatpol PP Provinsi Kepri, Hendri Kurniadi, didampingi Kasatpol PP Kabupaten Karimun, Drs. Tejaria M.SI, dan Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ir Mardanus, sebagai narasumber.

Meskipun Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Muhammad Iskandar, berhalangan hadir, acara tetap dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Camat dan Lurah se-Kabupaten Karimun serta 150 pemimpin yang mewakili Linmas Kabupaten Karimun.

Hendri Kurniadi menjelaskan bahwa setiap organisasi yang dibentuk pemerintah memiliki peran dalam peningkatan kesejahteraan dan mendukung Kamtibum bagi masyarakat.

“Keberadaan Satlinmas, diatur dalam Permendagri Nomor 84 tahun 2014, sebagai organisasi yang dilibatkan dalam Perlindungan Masyarakat, memiliki tanggung jawab dalam mengurangi dampak bencana, memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Menurut Hendri, regulasi mengamanahkan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk membentuk Satlinmas, sejalan dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menegaskan bahwa “Trantibum dan Perlindungan Masyarakat adalah Urusan Wajib Pemerintah Daerah Sehingga Menjadi Standart Pelayanan Minimal”.

Dia menambahkan bahwa Satlinmas juga memiliki peran penting dalam Pemilu, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 10 tahun 2010 tentang Penugasan Satuan Linmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

Hendri mengakhiri sosialisasinya dengan mengingatkan agar Satlinmas selalu berkoordinasi, berkomunikasi, dan berkonsultasi dengan pihak terkait seperti Aparat Pemerintah Setempat, RT, RW, Kepala Desa/Kelurahan, POLRI, dan TNI di wilayah tugas masing-masing.

Dia menekankan pentingnya kehadiran Anggota Satlinmas dalam setiap agenda, baik itu agenda Pemerintah, proses demokrasi, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan, karena keamanan dan ketertiban menjadi indikator keberhasilan bersama. (Burhan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed