oleh

Rasionalisasi Anggaran, Pemko Batam Kurangi Perjalanan Dinas Pegawai

-Batam, Berita-45 views

ANAMBASNEWS.COM, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berkomitmen untuk terus mengoptimalkan penggunaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Batam untuk kepentingan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan Pemko Batam saat ini juga terus berupaya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) maupun pajak daerah dan restribusi daerah.

Sampai dengan 30 Juni 2023, realisasi untuk pendapatan Kota Batam saat ini memang masih belum mencapai angka 50%. Secara keseluruhan realisasi APBD Kota Batam saat ini baru 44,98 % atau sebesar Rp 1,4 triliun.

Saat ini seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terutama OPD penghasil terus didorong untuk mengoptimalkan potensi pendapatan yang ada. Sehingga pada akhir tahun, nantinya dapat mencapai target.

“Belum tercapainya target ini memang menjadi perhatian, tapi saat ini semua OPD terus bekerja untuk mencapai target,” jelas mantan kabag organisasi setdako Batam.

Selain itu, Pemko Batam saat ini juga tengah melakukan rasionalisasi anggaran. Bahkan sejak bulan Juni 2023 lalu perjalanan dinas pegawai ke luar kota dibatasi secara selektif.

“Jadi, untuk saat ini perjalanan dinas ke luar kota memang harus selektif,” ujarnya.

Adapun berdasarkan data Sistem Informasi Penerimaan Daerah Badan Pendapatan Daerah Kota Batam atau siependa.batam.go.id, realisasi APBD Kota Batam saat ini sebesar Rp1,4 triliun atau 44,98 % dari target Rp3,2 triliun.

Sedangkan untuk PAD baru tercapai Rp 715.7 miliar atau 43,59 % dari target sebesar Rp1,6 triliun, kemudian realisasi Pajak Daerah sebesar Rp573,9 miliar atau 42,72% dari target sebesar Rp1,3 triliun. Sementara Retribusi Daerah baru tercapai Rp60,3 miliar atau 34,01 persen dari target Rp177,4 miliar.(mcb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed