oleh

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Ranai Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

-Natuna-42 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Kabupaten Natuna, secara khidmat melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jl. Taruna, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, pada Jum’at 12 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Dharma Samudera yang akan diperingati pada tanggal 15 Januari 2024.

Pimpinan ziarah, Mayor Laut (P) Pitrajaya Burnama, menandai kegiatan dengan penghormatan kepada arwah pahlawan. Prasasti bunga dan taburan bunga di makam pahlawan melibatkan prajurit, PNS, dan anggota Jalasenastri Lanal Ranai, menggambarkan kesetiaan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan.

Peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini mengusung tema “Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional, dan Modern.”

Serangkaian kegiatan semacam ini dilaksanakan serentak oleh TNI AL di seluruh Indonesia untuk mengenang peristiwa heroik pertempuran Laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962.

Sebagai wujud kebersamaan, prajurit Lanal Ranai juga melaksanakan doa bersama di Mushola Raudhatul Jannati Mako Lanal Ranai setelah ibadah Sholat Jum’at bagi yang beragama Islam, dan di Ruang Rapat Mako Lanal Ranai bagi yang beragama Nasrani. Ini mencerminkan semangat kebersamaan dalam memperingati Hari Dharma Samudera.

Pasops Lanal Ranai, Mayor Laut (P) Pitrajaya Burnama, menyampaikan bahwa ziarah dan tabur bunga tersebut adalah penghormatan kepada jasa para pahlawan.

“Peringatan Hari Dharma Samudera juga menjadi momen untuk mengenang peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia, khususnya pertempuran di Laut Arafuru. Komodor Yos Sudarso dan Kolonel Laut Sudomo memimpin pertempuran tersebut dalam upaya merebut Irian Barat yang pada akhirnya menghadapi gugurnya Komodor Yos Sudarso beserta prajurit yang tenggelam bersama kapal perangnya,” ungkapnya.

Dengan rangkaian kegiatan ini, Lanal Ranai tidak hanya mengenang masa lalu tetapi juga merajut kebersamaan dalam semangat kebangsaan, mengingatkan kita akan pengorbanan para pahlawan untuk kemerdekaan dan kedaulatan negara. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed