oleh

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Tekankan Pengembangan Produk Teknologi

ANAMBASNEWS.COM, Tanjungpinang– Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, S.Sos, mengeluarkan dorongan yang kuat kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) untuk lebih dari sekadar menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG)

Pada pembukaan acara tersebut, Hasan menekankan pentingnya pengembangan produk teknologi dari hasil perlombaan tersebut, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Hasan meminta agar DP3APM tidak hanya melihat lomba TTG sebagai kegiatan seremonial belaka, tetapi juga sebagai awal dari sebuah perjalanan untuk menghasilkan teknologi yang dapat bermanfaat secara nyata bagi masyarakat.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa hasil-hasil dari lomba ini harus menjadi referensi yang siap diuji coba, dan jika perlu, diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut.

“Sebagai langkah konkret, Pemko berencana untuk memperlihatkan semua produk hasil lomba TTG dari 3 tahun terakhir pada acara Jambore PKK bulan April 2024,” terangnya.

Dia juga akan mengundang Badan Riset Nasional untuk memberikan penilaian langsung dan pembinaan terhadap produk-produk yang memiliki potensi.

“Lomba TTG tahun 2024 diikuti oleh 8 peserta dengan total 15 produk TTG. Yang menarik, sebagian besar peserta adalah pelajar dari berbagai tingkat pendidikan, termasuk pelajar sekolah menengah atas, SMP Negeri 1 Tanjungpinang, dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI),” ujarnya.

Hasan secara pribadi meninjau setiap produk teknologi tepat guna yang ditampilkan oleh para peserta, mulai dari pembangkit listrik tenaga angin, pemotong bawang, pengering ikan, hingga pengolahan limbah menjadi lampu sensor gerak.

Dia mengakui potensi besar dari inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh para pelajar, dan berkomitmen untuk merancang sistem yang memungkinkan pengembangan lebih lanjut dari produk-produk tersebut.(Anwar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed