oleh

Pemkab Natuna Terima 3 Unit Puskemas Keliling dari Pemerintah Pusat 

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah kabupaten Natuna menerima sebanyak 3 unit Peskesmas Keliling (Puskel) bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, ketiga Puskel tersebut masing-masing untuk Kecamatan Midai, Subi dan Pulau Tiga.

“Alhamdulillah bantuan puskel udah sampai ke kita. Untuk Midai dan Pulau Tiga sudah sampai di kecamatan,” ujarnya dikonfirmasi di kantor Bupati Natuna, Senin, 4 November 2023.

Sementara itu kata Hikmat, Puskel untuk kecamatan Subi masih standby di Ranai. Rencananya, besok sore 5 Desember 2023 akan diberangkatkan sekaligus Kepala Puskesmas (Kapus) nya pulang ke Pulau Subi.

Rencananya, Bupati Natuna akan berkunjung ke Serasan pada Jumat (09/12/2023). Jika tidak ada aral melintang, orang nomor satu di negeri berjuluk Laut Sakti Rantau Bertuah itu, akan mampir di Subi dan Midai untuk menyerahkan secara simbolis.

Dinkes Natuna, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023, telah menyiapkan anggaran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan operasional masing-masing sebesar Rp 150 juta.

Hikmat menjelaskan, anggaran tersebut nantinya akan dipergunakan untuk pemanasan mesin apabila sedang tidak bergerak dan untuk rujukan pasien ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Untuk rujukan pasien-pasien BPJS itu memang dipakai dulu uang operasional puskesmas, kemudian nanti kita klaimkan ke BPJS, setelah itu uang dari BPJS masuk ke Kasda,” pungkasnya.

Meskipun pada tahun 2024 mendatang kabupaten Natuna tidak dapat bantuan Puskel untuk kepulauan, namun akan menerima 2 unit Puskel roda empat.

“Kalau gak salah satunya untuk Puskesmas Sedanau, satu lagi saya lupa untuk Puskesmas di kecamatan mana,” kata dia. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed