oleh

Pemda Natuna Segera Lelang Bibit Sapi untuk Masyarakat 

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah kabupaten Natuna akan menyalurkan bantuan bibit sapi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat pada tahun 2024.

Kepala bidang peternakan dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Natuna, Zulfikar, mengatakan, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1.268.124.960.

Menurutnya, peternakan sapi merupakan salah satu sektor menjanjikan di Natuna. Bantuan akan disalurkan kepada kelompok yang mengajukan melalui proposal.

“Untuk jumlah kelompok kita belum tau, nanti disesuaikan dengan proposal yang masuk dan jumlah sapinya,” ujar Zulfikar saat di konfirmasi media ini, Senin 22 Januari 2024.

Saat ini kata dia, sudah ada beberapa proposal kelompok diterima. Namun pihaknya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk menentukan layak atau tidak diberikan bantuan.

Apabila tidak ada kendala menghadang, pengadaan benih sapi tersebut akan dilaksankan melalui lelang pada pertengahan tahun ini.

“Dilelang bang, karena anggarannya besar dan objeknya hidup. Hasil konsultasi yang kita lakukan, kalau tidak ada halangan rencananya pengadaan akan dimulai bulan Mei sampai Juli, selama 3 bulan,” katanya.

Selain pengadaan sapi, pihaknya juga akan melaksanakan program penjaminan kesehatan hewan (keswan) serta pembukaan dan penutupan daerah wabah penyakit hewan menular dalam daerah Kabupaten.

“Bidang peternakan yang dua itu aja bang, pengadaan sapi Rp1,268 miliar lebih dan penjaminan kesehatan hewan Rp 72 juta. Mudah-mudahan tidak ada masalah sehingga semuanya bisa kita laksanakan,” sebut Zulfikar.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed