oleh

Pemda Natuna Segera Bebaskan Lahan Hibah untuk PLN Ranai 

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah Kabupaten Natuna segera membebaskan lahan yang akan dihibahkan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) cabang Ranai.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, pembebasan lahan direalisasikan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023.

Untuk lokasinya sendiri kata Bupati, berada di simpang Binjai arah ke Cemaga dengan luas lahan 2 hektar. Hal ini sesuai titik koordinat yang diminta pihak PLN.

“Saat ini dalam proses pembebasan lahan. Kalau APBD-P sudah selesai di tingkat provinsi akan langsung kita bayarkan ke pemilik lahan,” ucap Siswandi di ruang kerjanya, Kamis 12 Oktober 2023.

Pemerintah daerah bergerak cepat mendukung PLN mewujudkan Natuna terang benderang, baik untuk kebutuhan sekarang maupun dimasa mendatang.

Begitu dilakukan pembebasan, nantinya akan diserahkan kepada pihak PLN agar segera bisa ditempati.

“Mesin PLN sudah sampai di kabupaten Natuna, kapasitasnya yang datang terakhir ini 4,5 Mega Watt,” ungkapnya.

Pembebasan lahan ini menjadi salah satu prioritas Pemda Natuna. Kendati tim apresial belum turun, namun yang terpenting pemilik lahan sudah mengizinkan.

Hal ini kata Siswandi, sama halnya dengan pembangunan jembatan kembar di pulau Bunguran. Ganti rugi lahan masyarakat direalisasikan belakangan, namun diikat dengan perjanjian.

“Kebutuhan lahan untuk PLN ini kan mendadak, jadi belum kita anggarkan. Sementara dia minta koordinatnya di daerah Padang Angus,” ujarnya lagi.

Kedepannya kata dia, di Natuna khususnya pulau Bunguran akan menggunakan jaringan sutet, sehingga terkoneksi dari ujung ke ujung pulau.

“Memang ini masih dalam tahap survey. Tapi saya pikir memang sudah waktunya. Dan tidak menutup kemungkinan kabel PLN kedepannya akan ditanam,” harapnya.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed