oleh

Pemda Anambas Resmi Operasikan Kapal Bus Roro KMP. Anambas Bermadah 7

ANAMBASNEWS.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas meresmikan Kapal Bus Roro KMP. Anambas Bermadah 7 dengan membuka rute Desa Air Asuk – Kp. Baru Piabung.

Peresmian ini, yang juga melibatkan Tepuk Tepung Tawar, dilakukan pada Kamis, 28 Desember 2023, guna meningkatkan mobilitas masyarakat.

Dalam sambutannya, Abdul Kadir, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi.

Ia menjelaskan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mendukung realisasi Kapal Bus Roro dengan alokasi dana sekitar 9,8 miliar, di mana Anambas mendapatkan 1 dari 2 kuota di Provinsi Kepulauan Riau.

Abdul Kadir berharap agar masyarakat Anambas mematuhi regulasi pembayaran kontribusi saat menggunakan Kapal Bus Roro, demi pembangunan daerah yang lebih baik melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, menekankan bahwa langkah ini merupakan upaya pemerintah memastikan akses transportasi merata bagi masyarakat.

Selain itu, ia mengajak masyarakat Anambas untuk menjaga aset bersama dan memberi wawasan bahwa Kapal Bus Roro bisa melayani rute tambahan, seperti Siantan – Palmatak, dengan koordinasi dan perencanaan yang matang.

Wan Zuhendra juga memberi pesan kepada Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) untuk meningkatkan keterampilan dan sertifikasi Crew Kapal, serta memetakan daerah lain yang membutuhkan akses transportasi serupa. (Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed