oleh

Pembangunan 12 BTS Tower BAKTI Kominfo di Anambas Segera On Air

ANAMBASNEWS.COM – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian kominfo berupaya merealisasikan program “Merdeka Sinyal” di Kabupaten Kepulauan Anambas agar tidak ada kendala sinyal dalam berkomunikasi.

Di pengujung tahun 2022 program pembangunan 12 (dua Belas) BTS Tower BAKTI Kominfo RI dikabarkan akan segera On Air di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Layanan Sinyal XL Axiata.

Adapun 12 (dua belas) lokasi tersebut diantaranya 9 lokasi site/desa sudah on air yaitu:
1.Kep0028 Mengkait
2.Kep0027 Munjan
3.Kep00049 Liuk
4.Kep0025 Bayat
5.Kep0029 Telaga kecil
6.Kep0035 Landak
7.Kep00050 Rewak
8.Kep0031 Genting pukur
9.Kep00047 Tarempa barat daya.
Sedangkan 3 site lokasi/desa masih on progress yaitu Desa keramut, Desa Sunggak dan Desa ulu maras.

Percepatan Akses Telekomunikasi di perbatasan NKRI bukan hanya harapan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, terlebih merupakan harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam mewujudkan tercapainya Visi dan Misi sebagaimana yang tertuang didalam RPJMD Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2021 – 2026 yaitu peningkatan dan  pemerataan Akses Telekomunikasi.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, menyampaikan rasa sukur ucapan terimakasih kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi-BAKTI Kominfo Republik Indonesia atas uslan 12 bts USO Perbatasan Telah di akomodir dan dari 12 site lokasi/desa 9 aite lokasi/desa sudah on air.

Memang dari pantauan dan penyampaian warga layanan yang di rasakan sinyal 4Gnya masih lelet/lemah seingga untuk mengakses  internet masih agak susah tapi untuk nelp voice lancar mungkin ini masih tahap percobaan dan belum di optimalkan.

“Kami Pemerintah Daerah atas nama warga berharap BAKTI Kominfo dan Operstor XL Axiata dapat memaksimalkan hadirnya layanan tersebut di perbatasan Negara sehingga dapat melayani masyarakat dan pemerintah desa dalam mempercepat menyebarkan dan mendapatkan informasi dalam mendukung Pelayanan Publik dan pempercepat dukungan sektor sektor lainnya seperti pendidikan, kesehatan, UMKM, pariwisata terutama dalam menjaga perbatasan Pertahanan Keamanan di daerah perbatasan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika & Statistik Kepulauan Anambas Japrizal, menyampaikan apa yang menjadi ke inginan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan perluasan dan pemerataan akses telekomunikasi di perbatasan daerah Kawasan Strategis Perbatasan Negara (KSPN) dalam menjaga wilayah terluar tentu salah satu di butuhkan layanan akses internet yang memadai, dan atas lemahnya layanan XL yang hadir dalam program 12 BTS tower USO BAKTI hal ini sudah di sampaikan pasca Penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pinjam Pakai Lahan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yang di hadiri Sekretaris Daerah Anambas dengan Pemerintah Pusat dalam Hal ini Kementrian Kominfo RI (BAKTI-Kominfo) di terima langsung oleh Direktur Layana TI untuk Pemerintah dan Masyarakat bapak Dhani Januar.

“Iya dalam pertemuan tersebut Sekda juga sudah menyampaikan langsung atas kurang maksimalnya/leletnya layanan akses internetnya pada sinyal 4G Xl Axiata Layanan tersebut yang sudah on air beberapa site/lokasi desa, dan ini menjadi masukan dan tahapaan lebih lanjut yang akan di lakukan untuk mengatasi hal tersebut,” kata Japrizal 30 Desember 2022.

Selanjutnya, Japrizal juga sudah bertemu dengan Kepala Divisi Backbone Infrastruktur menyampaikan hal tersebut dan akan terus melakukan kordinasi untuk memaksimal layanan layanan yang lemah yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk lebih maksimal dan dapat di rasakan oleh masyarakat tempatan tersebut. (Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed