oleh

Pangkoopsud I Kunjungi Natuna, Tinjau Laut Natuna Utara yang Strategis

-Natuna-47 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Bupati Natuna dan Forkopimda Natuna menyambut kedatangan Pangkoopsud I, Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, beserta rombongan di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Rabu 10 Januari 2024.

Pangkoopsud I merupakan pemimpin dari Komando Operasi Udara I (Koopsud I), yang bertanggung jawab dalam pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional TNI AU di wilayah Indonesia bagian barat.

Sebagai bentuk tradisi masyarakat Melayu, sebelum memasuki Gedung Graha Serasan VIP Room Bandara, dilakukan acara tepung tawar sebagai persembahan dan ungkapan syukur. Setelah refreshment di Bandara Raden Sadjad, rombongan melanjutkan perjalanan ke Tanjung Datuk, Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara, yang menghadap langsung ke Laut China Selatan atau Laut Natuna Utara yang saat ini menjadi fokus konflik antar negara.

Laut Natuna Utara merupakan jalur vital untuk sebagian besar pengiriman komersial dunia, menandai keberadaannya dalam konflik geopolitik. Kehadiran Pangkoopsud I dan rombongan di lokasi ini menunjukkan perhatian terhadap situasi strategis di wilayah tersebut.

Rombongan yang turut hadir dalam acara ini melibatkan sejumlah pejabat, antara lain Asren Koopsud I, Asops Kaskoopsud I, Asintel Kaskoopsud I, Aspers Kaskoopsud I, dan Aslog Kaskoopsud I. Dari pihak Forkompida Natuna, tampak kehadiran Sekda Natuna, Kajari Natuna, Danlanud RSA, Dandim 0318/Natuna, Dandenhanud 477/Kopasgad, Danyon Komposit 1/GP, Dansatrad 212 Ranai, Danskudron 52, Kapolres Natuna, dan Kakansar Natuna bersama perwira, bintara, dan tamtama Lanud Raden Sadjad.

Kunjungan ini tidak hanya menjadi momen penyambutan, tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengevaluasi keamanan dan situasi di Laut Natuna Utara serta menguatkan sinergi antara TNI AU dan pemerintah daerah Natuna dalam menjaga kedaulatan negara. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed