oleh

Mengatasi Ancaman Banjir di Kabupaten Kepulauan Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Hujan deras yang kembali melanda Kabupaten Kepulauan Anambas telah menimbulkan potensi banjir, terutama di wilayah Ibukota Anambas, Tarempa. Hujan yang berlangsung dari sore hingga dini hari menyebabkan air dari hulu sungai di pegunungan mengalir menuju Sungai Sugi, meningkatkan risiko banjir di beberapa daerah padat penduduk.

Lurah Tarempa, Syamsir, bersama masyarakat setempat telah mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi dampak banjir yang mungkin terjadi. Salah satu tindakan awal yang diambil adalah memberikan informasi kepada warga tentang potensi bahaya banjir dan mengimbau mereka untuk menyelamatkan barang-barang berharga.

“Langkah awal yang kita lakukan ialah dengan membangunkan warga agar dapat menyelamatkan barang-barang berharga karena debit air terus meninggi. Kita juga berkoordinasi dengan pihak-pihak tanggap bencana serta pihak keamanan agar dapat siaga,” jelas Syamsir.

Pentingnya koordinasi terlihat dari keterlibatan Komunitas Jaga Kampung (KJK) dalam upaya pencegahan. Mereka bersama-sama dengan masyarakat setempat siap memberikan bantuan jika diperlukan, memantau rumah-rumah warga, dan menyiagakan Pos KJK di Jalan Patimura.

Syamsir menegaskan komitmennya untuk terus berjaga dan memberikan pertolongan kepada warga yang membutuhkan. “Saya bersama masyarakat dan Komunitas Jaga Kampung (KJK) siap memberikan bantuan jikalau dibutuhkan warga, karena itulah yang kami lakukan saat ini,” kata dia. (Akbar), 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed