oleh

Mei Mendatang, Dispar akan Selenggarakan Even Internasional Natuna Geopark Marathon

-Natuna-81 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) kabupaten Natuna akan menyelenggarakan even Natuna Geopark Marathon pada bulan Mei mendatang.

Kepala Bidang Promosi Wisata Disparekraf Natuna, Kardiman, mengatakan, even ini bertaraf internasional. Bersifat sport tourism yang memadukan konsep olahraga dan pariwisata.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat Natuna.

“Melalui even ini, kita harapkan banyak orang yang datang. Sehingga hotel penuh, rumah makan penuh, masyarakat kebagian transportasi, kemudian oleh-oleh juga ramai yang beli,” ungkapnya dihubungi via telepon seluler, Senin, 26 Februari 2024.

Selain itu, ajang internasional ini juga diharapkan dapat menjadi momen bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini dilatih untuk menjadi pemandu wisata (guide).

Lebih lanjutkan Kardiman menjelaskan, pihaknya hanya bertanggungjawab pada penyelenggaraan kegiatan. Dispar melibatkan pelaku wisata baik di dalam maupun luar daerah untuk menjual paket wisatanya.

“Terkait kedatangan tamu, akomodasi mereka, dan hal lain yang berhuhungan dengan tamu, kami minta pelaku wisata di Natuna maupun dari luar yang mengakomodir,” jelasnya.

“Nah mereka ini kita dorong untuk menjual paket sebanyak banyaknya memancing orang ataupun olahragawan yang minat pada even tersebut untuk datang ke Natuna,” timpalnya lagi.

Rencanananya ada beberapa kategori pada even tersebut diantaranya, Natuna Geopark Marathon 5 kilo meter, 10 kilo meter dan ada yang lebih jauh lagi.

“Untuk arahnya nanti kalau yang 5 kilo kita buat keliling kota Ranai, tapi kalau yang jauh kita arahkan ke selat Lampa, atau paling tidak sampai di geopark batu kasah,” pungkasnya.

Kegiatan akan dipersiapkan sebaik mungkin, apalagi ia merupakan even internasional. Disepanjang rute akan dipersiapkan watering sport (pos minum) dan petugas medis.

Kardiman menilai, kegiatan seperti ini merupakan sebuah konsep promosi wisata yang sangat berpotensi untuk terus dikembangkan di Natuna.

“Mudah-mudahan acara ini bisa kita selenggarakan dengan baik. Terkait akomodasi kalau nanti hotel-hotel yang ada di Ranai penuh, kita akan siapkan rumah warga sebagai homestay,” ucap Kardiman.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed