oleh

Latihan SAR Gunung Hutan, Abdul : Upaya Meningkatkan Kemampuan

-Berita, Natuna-110 views

ANAMBASNEWS.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna (SAR Natuna) menggelar pelatihan Search and Rescue (SAR) gunung hutan yang melibatkan 23 personel dari Kansar Natuna, di Aula Kantor SAR Natuna, Selasa 2 Oktober 2023.

Latihan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari dengan tujuan meningkatkan kompetensi personel dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan di lingkungan gunung hutan yang berpotensi berbahaya.

Hari pertama latihan ini dimulai dengan pemberian materi yang penting. Salah satunya adalah materi mengenai cuaca dan iklim yang disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ranai, Feriomex Hutagalung, S.T, M.Si. Hal ini merupakan langkah awal yang krusial karena pemahaman yang baik tentang kondisi cuaca dan iklim sangat penting dalam operasi SAR di lingkungan alam terbuka.

Selain itu, peserta juga mendapatkan materi tentang Survival Gunung dan Laut yang disampaikan oleh Kapten Hasan Basri, Pasi Pers Kodim 0318/Natuna. Materi ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup di lingkungan gunung hutan dan laut yang penuh tantangan.

Dalam rangka menjaga kualitas latihan, Tim Pengawas dari Direktorat Kesiapsiagaan dan Latihan Basarnas Pusat yang dipimpin oleh Ainun Najib, S.pd.,M.Han., turut hadir untuk memastikan bahwa seluruh tahapan kegiatan berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Abdul Rahman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, berharap bahwa latihan ini akan memberikan peningkatan kompetensi signifikan bagi personel SAR Natuna dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan di lingkungan gunung hutan.

“Kami terus berfokus pada upaya peningkatan kemampuan personel, tidak hanya pertolongan di laut, tapi juga pertolongan di darat. Untuk itu, latihan SAR Gunung Hutan ini kami laksanakan,” ujarnya.

Selanjutnya, pada tanggal 3-4 Oktober 2023, Kantor SAR Natuna akan melaksanakan simulasi pencarian dan pertolongan di lingkungan gunung hutan. Ini adalah langkah lanjutan dalam memastikan bahwa personel SAR Natuna siap dan terlatih dengan baik untuk menghadapi situasi darurat di alam terbuka.

Dengan adanya latihan SAR ini, diharapkan personel SAR Natuna akan semakin siap dan mampu menjalankan misi mereka dengan efektif, baik di laut maupun di darat, dan memberikan pertolongan yang tepat pada saat dibutuhkan.(Yahya) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed