oleh

Lanal Ranai dan Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

ANAMBASNEWS.COM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Natuna, bersinergi dengan warga Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, dalam sebuah gotong royong pada Minggu, 3 Desember 2023, sebagai langkah preventif menghadapi potensi banjir akibat intensitas hujan tinggi.

Upaya pencegahan banjir tersebut terfokus di Kelurahan Batu Hitam, yang semakin rentan akibat peningkatan intensitas hujan.

Personel Lanal Ranai, bersama ASN/PTT Kelurahan Batu Hitam, Kepala Lingkungan, warga setempat, BPBD Natuna, dan Babinsa sekecamatan Bunguran Timur, berkomitmen melakukan gotong royong membersihkan sampah pada aliran air dan drainase di sekitar rumah warga hingga sungai besar.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk mencegah tersumbatnya aliran air saat hujan deras, memastikan aliran air dapat menampung dan mengalirkan debit air saat curah hujan tinggi, sehingga risiko banjir dapat diminimalkan.

Danlanal Ranai juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. “Pesannya adalah menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, dan bersama-sama menjaga agar lingkungan tetap sehat,” ujarnya.

Langkah-langkah ini tidak hanya mencegah banjir, tetapi juga menjauhkan masyarakat dari potensi penyakit yang dapat timbul akibat tumpukan sampah di aliran drainase. (Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed