oleh

Komitmen TNI AL Terhadap Kewarganegaraan Digital, Merangkul Era Identitas Digital

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Sebagai langkah proaktif menuju modernisasi proses administrasi, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Ranai, Natuna, mengambil langkah signifikan dengan mengikuti sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang diselenggarakan oleh Dinas Pencatatan Sipil dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna.

Acara yang diadakan di Mess Memet Sastrawirya Jl. Soekarno – Hatta melihat antusias partisipasi seluruh personel TNI, PNS, dan keluarganya pada Rabu 27 Desember 2023.

Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna Ilham Kauli menekankan pentingnya program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan). Inisiatif ini bertujuan untuk menumbuhkan ekosistem pemerintahan yang menghargai pentingnya administrasi kependudukan.

Kesadaran yang dipromosikan melalui GISA berfokus pada pentingnya dokumen kependudukan, pemanfaatan data demografi secara efektif, pemutakhiran data kependudukan secara berkala, dan penyediaan layanan administratif yang berkontribusi terhadap kesejahteraan warga. “Ini amanah yang jelas dari Kepala Disdukcapil,” kata Pak Kauli.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan dokumen digital yang diakui dan disahkan oleh pemerintah.

“Keunggulan IKD antara lain meningkatkan pemanfaatan digitalisasi demografi, mempermudah akses pelayanan publik, memudahkan penyajian data keluarga dan dokumen pribadi, serta menjamin keamanan data sesuai peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman, Komandan Lanal Ranai mengucapkan terima kasih atas penyuluhan IKD yang penuh wawasan.

Ia menyoroti manfaat praktis dari pemutakhiran data administratif untuk mencegah pemalsuan data identitas. Ia mengakui pentingnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti identitas resmi yang dikeluarkan oleh lembaga pelaksana, berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim Disdukcapil yang telah menyelenggarakan penyuluhan IKD ini,” ujarnya.

Inisiatif ini mencerminkan komitmen TNI AL dalam menyambut kemajuan digital serta menjamin keamanan dan keaslian data identitas warga di era digital. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed