oleh

Kemenkes Berikan Bantuan PLTS Senilai 4 Miliar untuk Natuna

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Sebanyak 4 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bantuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diperuntukkan bagi Puskesmas yang berada di daerah terpencil wilayah Kabupaten Natuna.

4 unit PLTS tersebut dibangun disejumlah puskesmas diantaranya di Puskesmas Kelarik, Puskesmas Sedanau, Puskesmas Suak Midai, dan Puskesmas Pulau Laut.

“Semua alat tersebut Alhamdulillah sudah terpasang semuanya di 4 Puskesmas dengan kapasitas 10 Kilovoltampere (kVa). Saat ini kita baru mengecek yang ada di Kelarik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah kepada media ini. Rabu (4/10/2023).

Dikatakannya, pembangunan PLTS tersebut bersumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 sebesar Rp 4 Miliar.

“Pembangunan PLTS ini dialokasikan sebesar Rp 4 Miliar dari anggaran DAK. Jadi setiap bantuan PLTS ini sekarang pekerjaannya sudah selesai dan siap dioperasikan untuk mengantisipasi gangguan jaringan listrik,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskannya Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat beroperasi setiap hari untuk membantu melayani kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Salah satu hal penting dalam kegiatan operasional Puskesmas adalah sumber energi listrik. Karena listrik sangat dibutuhkan untuk menjaga kelancaran operasional Puskesmas.

“Makanya pembangunan PLTS tersebut bertujuan untuk membackup pasokan listrik yang ada di setiap puskesmas. Apabila ada gangguan jaringan listrik dari PLN,” pungkasnya.(Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed