oleh

Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa Laksanakan Rapat Timpora di Jemaja

-Anambas-87 views

ANAMBASNEWS.COM – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa melaksanakan Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Kecamatan Jemaja, Jemaja Barat dan Kecamatan Jemaja Timur. Bertempat di Hotel Miranti Kelurahan Letung, Kamis 13 April 2023.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa, Ispaisah, mengatakan, Pengawasan orang asing merupakan salah satu tugas dan fungsi dari kantor Imigrasi.

“Wilayah kerja yang cukup luas yang didominasi wilayah perairan yang berbatasan laut dengan 3 negara yaitu Malaysia, Vietnam dan Thailand, Imigrasi Tarempa harus dapat menjalin sinergi dengan setiap instansi di daerah dalam hal pengawaan orang asing,” kata Ispaisah.

Menurutnya, salah satu upaya untuk menjalin sinergitas tersebut adalah dengan menggagas Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA).

Lanjut Ispaisah, menyampaikan pemaparan tentang aturan keimigrasian serta isu terkini terkait aturan keluar masuknya orang asing serta pengawasannya.

“Kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” tambahnya.

Ia menambahkan, terlebih pasca terjadinya penyebaran Covid-19 yang melumpuhkan berbagai sendi kehidupan ekonomi di tanah air, namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai bersama.

“Sebagai bentuk penegakan kedaulatan negara, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) ditujukan untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional terkhusus di wilayah Kecamatan Jemaja, Jemaja Barat dan Jemaja Timur,” sebut Ispaisah.

Dengan demikian, agar terhindar dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan aktifitas orang asing di wilayah NKRI.

Sementara itu, Aji Perwakilan Pos Angkatan Laut Jemaja, mengatakan dengan acara seperti ini dapat dilakukan kembali secara rutin.

“Kami berharap sinergitas antar instansi terkait dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing untuk kedepannya dapat lebih ditingkatkan,” pungkasnya.

Turut hadir, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Babinsa, Camat Jemaja, Jemaja Barat, Jemaja Timur dan Lurah Letung.(Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed