oleh

Kadis DLH : Volume Sampah Rumah Tangga Meningkat di Bulan Ramadhan

-Natuna-85 views

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Volume sampah rumah tangga di wilayah kota Ranai mengalami peningkatan selama bulan suci Ramadhan.

Meningkatnya jumlah sampah tampak di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) pasar tradisional lama dan di TPS Tegul Laksmana, Air Kolek bagian atas.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Natuna, Ferizaldy, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis, 28 Maret 2024.

Ferizaldy mengatakan, bertambahnya volume sampah rumah tangga di bulan Ramadhan dikarenakan meningkatkannya aktifitas masyarakat.

“Memang ada penambahan, tapi tidak terlalu signifikan. Itu biasalah karena di bulan ramadhan ini banyak orang yang beraktifitas berjualan kue,” ujarnya.

Namun kata dia, meskipun tidak bertambah secara signifikan, pihaknya membutuhkan penambahan waktu angkut dan jam operasional petugas lapangan.

Pada hari biasa, DLH hanya memerlukan 6-7 kali angkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar dengan jumlah volume 28-30 kubik.

Namun pada bulan Ramadhan ini, pihaknya bekerja lebih ekstra. Perlu sampai 8 kali pengangkutan karena ada penambahan sampah sekitar 4-5 kubik setiap harinya.

“Alhamdulilah, walaupun ada penambahan sampah, semua bisa kita atasi dengan baik. Setiap hari diangkut seperti biasa, hanya saja jam kerjanya kita tambah,” ujar mantan Camat Bunguran Timur ini.

Ferizaldy menambahkan, penambahan volume sampah tidak hanya terjadi pada bulan Ramadhan, namun juga terjadi pada momen tertentu, seperti adanya kegiatan di pantai Piwang.(Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed