oleh

Jelang Pemilu dan Pilkada 2024, Bupati Natuna Serahkan Seragam Satlinmas

ANAMBASNESWS.COM, Natuna –  Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan seragam Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang akan bertugas dalam Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024

Seragam dan sarana prasaran bantuan kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penguatan penyelenggaraan urusan tantibun Linmas diserahkan secara simbolis di gedung Sri Serindit, Ranai, Selasa, 16 Januari 2024.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) dan Linmas Natuna, Efendi mengatakan, pengadaan seragam Linmas ini sebanyak 490 stel menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna tahun 2023.

Dikatakannya, setiap anggota Linmas bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga serta memelihara ketenteraman, ketertiban, dan keamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Adapun total keseluruhan anggota Linmas yang akan diterjunkan sebanyak 484 orang, dengan rincian di kecamatan Bunguran Barat 136 orang, Bunguran Timur Laut 34 orang, Bunguran Barat 44 orang, Bunguran Tengah 20 orang, Bunguran Selatan 22 orang, Bunguran Utara 26 orang, Batubi 24 orang, Pulau Tiga 24 orang, Pulau Tiga Barat 16 orang, Seluan 6 orang, Midai 24 orang, Suak Midai 12 orang, Pulau Laut 14 orang, Serasan 36 orang, Serasan Timur 20 orang, Subi 16 orang dan Pulau Panjang 6 orang.

“Kita akan turunkan sebanyak 2 orang per TPS dikali 242 TPS, jadi total keseluruhan sebanyak 484 orang,” ujar Efendi.

Efendi mengatakan, pembinaan terhadap anggota Linmas telah dilaksanakan mulai tanggal 15 November-19 Desember 2023 di 14 kecamatan.

“Semoga pembinaan yang kita lakukan dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas dan fungsi Satlinmas pada saat Pemilu dan Pilkada serentak tahun ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya mengatakan, tidak lama lagi akan dilaksanakan agenda nasional yaitu Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024.

Karenanya, Siswandi berharap kepada seluruh anggota Linmas agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sehingga Pemilu di Natuna sukses dilaksanakan.

“Selama ini Linmas sangat banyak perannya membantu desa dan kecamatan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban,” ujar orang nomor satu di Natuna ini.

Pengabdian mereka tampak jelas dimata Siswandi, buktinya, setiap kali ia turun ke kecamatan Linmas selalu menjadi tulang punggung pemerintah dalam membantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Apa yang dilakukan selama ini cukup bagus, indikatornya selama ini Pemilu berjalan dengan baik, ini tidak lepas dari peran linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan yang lainnya,” ucapnya.

Terakhir, Siswandi menghimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga Pemilu berjalan kondusif. (Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed