oleh

Gubernur Ansar Tinjau Persiapan MTQ di Masjid Agung Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Menjelang perhelatan MTQ ke-IX tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur H. Ansar Ahmad memanfaatkan kunjungan kerjanya untuk meninjau langsung persiapan pembukaan MTQ di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa, Sabtu (9/7). Didampingi Bupati Anambas Abdul Haris, Gubernur Ansar berkeliling melihat Astaka Utama MTQ ke-IX Provinsi Kepri.

Gubernur Ansar mengaku terkesan dengan persiapan yang dilakukan Pemkab Anambas, dengan progres yang sudah 80 persen, Gubernur Ansar yakin perhelatan MTQ ke-IX Provinsi Kepri bisa sukses diselenggarakan di Anambas.

“MTQ ini sebenarnya kegiatan syi’ar Al-Qur’an, jadi inti fokusnya ada di kebersamaan. Kita mau MTQ kali ini benar-benar berkualitas dan objektif, dan saya yakin Anambas sebagai tuan rumah bisa membuktikan hal itu,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menambahkan dengan diadakannya MTQ tingkat provinsi di Anambas bisa menggerakkan roda perekonomian dengan banyaknya tamu dan peserta yang datang ke Tarempa selama MTQ digelar. Ditambah dengan suguhan panorama Tarempa yang indah menjadi daya tarik utama bagi orang yang datang.

Sementara itu, Abdul Haris optimis persiapan MTQ tingkat provinsi di Anambas bisa diselesaikan tepat waktu. Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat Anambas khususnya Tambelan bisa mensukseskan ajang bergengsi ini dengan memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang.

“Mari kita manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan wajah Anambas yang ramah dan terbuka untuk semua, kita buat tamu yang hadir merasa betah dan ingin berkunjung ke Anambas lagi,” kata Abdul Haris.

Gubernur Ansar selanjutnya bergerak untuk menyerahkan bantuan sapi kurban dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ke masyarakat desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan. Kabupaten Kepulauan Anambas pada Idul Adha 1443 H tahun ini mendapatkan bantuan sapi kurban dari Pemprov Kepri sebanyak empat ekor sapi.

Adapun total jumlah sapi kurban yang diberikan Pemprov Kepri untuk seluruh Kabupaten dan Kota adalah sebanyak 29 ekor sapi. Dengan rincian untuk Kabupaten Bintan 7 ekor sapi, Kota Batam 3 ekor sapi, Kota Tanjungpinang 8 ekor sapi, Kabupaten Kepulauan Anambas 4 ekor sapi, Kabupaten Lingga 2 ekor sapi, dan Kabupaten Natuna 2 ekor sapi.

Selain itu, pada Minggu (10/7) besok Gubernur Ansar akan menjadi khatib solat Idul Adha di Masjid Jami’ Baiturrahim. Anambas menjadi kabupaten kedua Gubernur Ansar menunaikan solat Idul Adha, setelah tahun lalu Gubernur Ansar solat Idul Adha di Kabupaten Natuna. Malam ini Gubernur Ansar juga berkesempatan melepas pawai takbir untuk menyambut hari raya Idul Adha.

“Pawai takbir ini menjadi ekspresi kegembiraan kita menyambut Idul Adha, sekaligus ini menjadi rangkaian untuk menyemarakkan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Anambas,” kata Gubernur Ansar.

Usai solat Idul Adha besok, Gubernur Ansar juga akan menyerahkan dua ekor sapi dari Presiden RI Joko Widodo untuk Provinsi Kepri yang tahun ini akan dikurbankan di Masjid Jami’ Baiturrahim Tarempa, untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakat Tarempa dan sekitarnya.

“Sapi kurban dari Presiden Jokowi untuk Provinsi Kepri kita alokasikan tidak untuk daerah perkotaan dulu, tapi untuk masyarakat di daerah perbatasan yang tentunya lebih membutuhkan bantuan kurban karena esensi Idul Adha itu ada di pengorbanan dan keihklasan,” tukas Gubernur Ansar. (jlu/Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed