oleh

Dorong Kemajuan Melalui Forum Satu Data di Kabupaten Natuna

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Wakil Bupati (Wabup) Natuna, Rodhial Huda, secara resmi membuka sosialisasi Forum Satu Data Kabupaten Natuna dan satu data Indonesia, Senin 18 Desember 2023.

Acara ini digelar di ruang rapat kantor Bupati Natuna lantai 2, menjadi platform penting untuk komunikasi dan koordinasi mengenai permasalahan terkait penyelenggaraan Sistem Data Terpadu (SDI) di tingkat kabupaten.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menekankan pentingnya data untuk perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

Data bukan hanya alat untuk menganalisis kejadian saat ini, tetapi juga sebagai kunci untuk memprediksi tren masa depan. Perencanaan pembangunan yang berbasis data menjadi tuntutan yang tidak dapat diabaikan.

“Data yang berkualitas akan membawa pada pembangunan yang berkualitas, yakni tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif,” ungkap Wakil Bupati kepada peserta.

Acara kemudian mencapai momen penandatanganan berita acara kesepakatan bersama satu data tingkat Kabupaten Natuna. Langkah ini melibatkan penandatanganan oleh pemangku data dan pemangku data pendukung, menegaskan komitmen bersama untuk mengoptimalkan penggunaan data di tingkat kabupaten.

Pembina data, dalam hal ini, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Natuna, memberikan pedoman dasar, tujuan, pemahaman konsep, tugas, dan peran dalam penyelenggaraan satu data tingkat daerah. Hal ini diharapkan dapat menjadi pijakan untuk transformasi penyusunan kebijakan yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Dengan digelarnya sosialisasi ini, Kabupaten Natuna memasuki era baru dalam pemanfaatan data sebagai landasan kuat bagi pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Forum Satu Data menjadi wadah vital untuk sinergi antarstakeholder dalam membangun Natuna yang maju dan berdaya saing melalui optimalisasi pengelolaan data yang terintegrasi. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed