oleh

Diskominfo Kota Tanjungpinang Berkomitmen Bangun Satu Data Indonesia

ANAMBASNEWS.COM, Tanjungpinang – Dalam upaya meningkatkan transparansi dan efisiensi pelayanan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang telah menandatangani komitmen bersama untuk membangun satu data Indonesia di wilayah tersebut.

Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto menjelaskan bahwa dalam menjalankan komitmen tersebut, Diskominfo akan bertindak sebagai wali data yang akan menyajikan program kerja dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) secara terintegrasi.

“Kami akan menghimpun data dari seluruh OPD untuk dapat diakses oleh masyarakat,” ujar Teguh pada Rabu, 6 Maret 2024 malam di Trans Convention Center (TCC) Aston Tanjungpinang.

Satu data Indonesia yang dibangun akan menjadi sumber informasi yang penting dalam pembuatan kebijakan dan evaluasi program-program pemerintah. Teguh menjelaskan bahwa data tersebut akan disusun sedemikian rupa sehingga tidak akan ada perbedaan antar OPD di Lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Diskominfo Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Bappelitbang Kota Tanjungpinang sebagai koordinator sekretariat dalam implementasi program ini. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang untuk meningkatkan kinerja dan integritas data.

“Kami akan mengintegrasikan satu data Indonesia dengan website Pemko Tanjungpinang,” tambahnya.

Teguh juga menekankan bahwa semua data yang diterbitkan dalam satu data Indonesia akan tersedia untuk konsumsi publik. Namun, ia juga menegaskan bahwa data yang bersifat sensitif dan tidak boleh diketahui oleh publik akan dikecualikan.

“Informasi akan dikategorikan, ada yang tersedia setiap saat, dan ada juga informasi yang dikecualikan,” ungkap Teguh.

Dengan komitmen bersama ini, diharapkan bahwa pembangunan satu data Indonesia di Tanjungpinang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dalam mengakses informasi pemerintahan dan meningkatkan akuntabilitas publik.(Anwar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed