oleh

Disdikbud Natuna Alokasikan Rp780 Juta untuk Transportasi Laut Siswa

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Transportasi laut merupakan andalan utama bagi daerah kepulauan seperti kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kondisi geografis ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah, terutama dalam hal penyelenggaraan pendidikan di daerah yang berada di luar Pulau Bunguran.

Di beberapa kecamatan, anak sekolah masih menggunakan transportasi laut (pompong) untuk mengenyam pendidikan. Walaupun berisiko, harus dilakukan demi masa depan.

Dalam rangka memperlancar proses belajar mengajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Natuna hadir memberikan bantuan sarana transportasi pendukung.

Melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna tahun 2023, Disdikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp 780.300.000 kegiatan belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang.

Hal ini pun tak ditampik oleh Kepala Disdikbud Natuna Indra Joni, saat dikonfirmasi sejumlah awak media di kantornya, Senin, 06 November 2023.

Indra Joni mengatakan, tahun ini pihaknya menganggarkan transportasi siswa untuk beberapa daerah diantaranya, Serasan, Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat (Pultibar) dan kecamatan Subi.

“Hitungannya pakai jumlah murid dan berapa kali perjalanan. Kemudian per tiga bulan diajukan ke kita untuk dilakukan pembayaran,” sebut Indra Joni.

Angkutan siswa ini kata dia sangat penting, sebab, beberapa pulau berpenduduk di Natuna belum ada sekolah. Sehingga harus menempuh pendidikan di luar kampung mereka.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, berikut ini adalah anggaran dialokasikan Disdikbud Natuna untuk transportasi siswa pada tahun 2023 :

Belanja sewa kendaraan bermotor penumpang Rp 43.350.000, di Kecamatan Subi (Pian utama-pelabuhan Pulau panjang)

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 102.000.000, di Kecamatan Pulau Tiga (Balai-Babang Mawang-Pelabuhan SMPN 1 Pulau tiga)

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 140.250.000, di Kecamatan Pulau Tiga (Serantas-Pelabuhan Teluk Melam-Pelabuhan SMPN 1 Pulau Tiga-Pelabuhan SDN 001 Pulau Tiga)

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 102.000.000, di Kecamatan Pulau Tiga (Sededap-Pelabuhan SMPN 1 Pulau Tiga).

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 102.000.000, di Kecamatan Pulau Tiga (Teluk Labuh-Pelabuhan SMPN 1 Pulau Tiga)

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 112.200.000, di kecamatan Pulau Tiga Barat (Setumuk-Batu Karut-Pelabuhan SMPN 1 Pulau Tiga Barat).

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 117.300.000, di Kecamatan Serasan (Desa Batu Berlian-Pelimpak).

Belanja sewa alat angkut apung bermotor untuk penumpang Rp 61.200.000, di Kecamatan Subi (Desa Kerdau-Pelabuhan Pulau Panjang).

Anggaran tersebut digelontorkan untuk volume pekerjaan sebanyak 510 trip yang dimulai dari Januari hingga Desember 2023.(Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed