oleh

Cuaca Ekstrim, Bupati Anambas Tinjau Bahan Sembako di Pasar Inpres

ANAMBASNEWS.COM – Bupati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas turun langsung ke Pasar Inpres, Kelurahan Tarempa untuk melakukan Inspeksi Dadakan (Sidak) kepada sejumlah pedagang, Jumat 27 Januari 2023.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, tujuan dari Sidak tersebut yaitu melihat kondisi langsung bagaimana ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Anambas ketika musim utara melanda beberapa minggu terakhir.

“Kita mengingat dalam 2 minggu belakangan ini musim utara tengah terjadi di Anambas, maka dari itu kita lakukan sidak untuk mengetahui, apa saja komoditi yang mengalami kelangkaan dan kenaikan harga, hingga keluhan dari masyarakat disini,” jelasnya.

Menurutnya, dari Sidak tersebut diperoleh hasil bahwa terdapat beberapa komoditi dari 9 bahan pokok yang mengalami kelangkaan.

“Saat ini cabai merah yang mengalami kelangkaan, hal tersebut karena kapal yang mengangkut komoditi itu tidak bisa berlayar ke Anambas akibat gelombang mencapai ketinggian 6 meter,” ucap Bupati Anambas.

Selain itu, komoditi beras juga mengalami kenaikan harga saat ini, namun Abdul Haris menyebutkan akan mencari tahu penyebab kenaikan harga tersebut. Apakah kenaikan itu merupakan dari distributor yang ada di Pulau Jawa, kenaikan upah angkut, atau dari pedagang itu sendiri.

Ia menambahkan, setiap tahun cuaca ekstrim di Anambas sangat mempengaruhi terhadap ketersediaan bahan pokok, sehingga kapal-kapal besar seperti Tol Laut hingga kapal dari PT. Pelni tidak bisa berlayar di Laut Natuna dan menyebabkan keterlambatan dalam memasok bahan-bahan pokok tersebut.

“Faktor cuaca juga mempengaruhi terhadap ketersediaan pokok disini, oleh karena itu apabila di bulan Februari nanti musim utara tak kunjung usai, maka kita akan mencoba menyurati Pemerintah Pusat untuk meminta bantuan armada, apakah itu menggunakan kapal perang, hingga solusi yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolres Kepulauan Anambas, Kompol Ramses Marpaung menyebutkan, pihaknya juga akan memantau kondisi harga bahan pokok di seluruh pasar yang ada di Anambas.

“Kami akan tetap mengawasi kondisi harga di Anambas hingga selesai musim utara ini, guna mencegah adanya oknum-oknum yang memanfaatkan situasi seperti sekarang untuk keuntungan pribadi,”katanya.(Roza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed