oleh

Cegah Stunting Melalui Aksi Gizi di Natuna

ANAMBASNEWS.COM,Natuna – Dinas Kesehatan bersama perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna serta Puskesmas kecamatan Bunguran Timur menyelenggarakan kegiatan aksi bergizi di SMP Negeri 2 Bunguran Timur, Sabtu 21 Oktober 2023.

Gerakan Nasional ini diawali dengan senam olahraga bersama siswa-siswi, guru dan juga staff puskesmas kecamatan Bunguran Timur yang hadir di SMP NEGERI 2 Bunguran Timur.

Diikuti dengan sarapan bersama dan meminum tablet tambah darah, yang sangat penting untuk pertumbuhan siswa-siswi.

Selain itu, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan pun turut hadir guna memberikan kata sambutan dan juga edukasi untuk para siswa-siswi.

“Selain makan makanan bergizi anak-anak juga wajib rutin minum air putih agar mereka bisa menjadi lebih fokus,” ujar Umar Wirahadi Kusuma, dalam kata sambutannya sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna.

Adapun tujuan lain dari diselenggarakannya acara ini yaitu edukasi mengenai bagaimana mencegah stunting dan mempelajari gizi seimbang.

Secara khusus, edukasi mengenai gizi seimbang disampaikan oleh Cindi Clara Elizaberta, S.Gz, beberapa diantara yang disebutkan yaitu 10 Pedoman gizi seimbang, dilanjutkan oleh Atika Dewi Maharani, yang menyampaikan mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

“PHBS sangatlah berpengaruh dengan stunting, karena jika kita menjaga kebersihan diri, sanitasi, dan juga lingkungan, maka dapat mengurangi dan mencegah terjadinya stunting,” ucap Atika Dewi Maharani.

Aksi bergizi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa-siswi mengenai kesehatan individu dan juga lingkungannya, khususnya keluarga.

Adapun diharapkannya dari aksi bergizi ini yaitu dapat mencegah stunting dan menekan angka pertumbuhan stunting di Kabupaten Natuna, maka dari itu, gerakan Nasional Aksi Bergizi ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan puskesmas Kabupaten Natuna.(Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed