oleh

Bupati Rohil Hadiri Pembukaan TMMD ke-117 Desa Bangko Sempurna

ANAMBASNEWS.COM, Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP didampingi Wakil Bupati H Sulaiman SS MH dan Forkopimda secara resmi membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 117.

Pembukaan TMMD ke-117 tersebut dipusatkan di Lapangan Bola Datuk Sungai Rumbia, KM 18, Kepenghuluan Bangko Sempurna, Kecamatan Bangko Pusako, Rabu 12 Juli 2023.

Pembukaan TMMD ke-117 tersebut dihadiri Kasi Ter Korem 031/WB Kol Inf Hipni Maulana Farhan, anggota DPRD, Kapolres Rohil, AKBP Andiran Prabudianto SH. SIK. M.Si, Kajari Rohil diwakili Kasi Intel, Yopentinu Adi Nugraha SH, Kepala PN Rohil, Rio Barten Timbul Hasahatan SH. MH, Danyon B. Pelopor Brimob Manggala, Kompol Wakidi, Sekda Rohil H. Fauzi Efrizal S.Sos M.Si, Ketua PKK Sanimar Afrizal, beberapa kepala OPD dan berbagai unsur lainnya, seperti PC 04 11 GM FKPPI dihadiri oleh ketua Rudi Bintoro, C,md, beserta dengan jajaran nya dan lain lain.

Dalam pidatonya, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, mengatakan, bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah, dan segenap lapisan masyarakat sebagai salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang di hadapi.

TMMD merupakan perjuangan nyata TNI bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan percepatan pembangunan,meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara.

“TMMD juga merupakan implementasi komitmen TNI dan Pemerintah daerah dalam melestarikan semangat dan budaya luhur kehidupan bermasyarakat kita, yaitu gotong royong,” ucap Bupati Afrizal.

Bupati mengungkapkan, pada kesempatan tersebut atas nama Pemerintah Daerah dan mewakili masyarakat kabupaten Rohil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang telibat dalam pelaksanaan TMMD Ke-117 Tahun 2023.

Pada pelaksanaan TMMD Ke-117 kali ini kata Bupati, mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” dengan tema tersebut diharapkan dapat membangun sinerginitas antara TNI, Pemerintah Daerah, dan lapisan masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati menerangkan, TMMD Ke-117 Kodim 0321/Rohil Tahun 2023 akan dilaksanakan selama 1 bulan, dimulai 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2023. Kegiatan dipusatkan di Kecamatan Bangko Pusako dan Kecamatan Rimba Melintang, dengan fokus kegiatan fisik adalah peningkatan Jalan, pembangunan Box Culvert, bedah Rumah Tidak Layak Huni, peningkatan rumah ibadah berupa rehab, pembuatan MCK dan pembuatan sumur Bor serta berbagai kegiatan non fisik.

“Untuk nilai dari seluruh kegiatan fisik dan non fisik tersebut adalah sebesar Rp. 2.263.370.000 yang bersumber dari APBD Kabupaten Rohil Tahun Anggaran 2023,” kata Bupati.

Sementara itu, Dandim 0321 Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwiranegara S.IP menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil dan jajaran yang telah membuka secara resmi program TMMD ke-117 tahun 2023.

Sebelum pembukaan terang Dandim, sebelumnya telah dilaksanakan Pra TMMD selama sembilan hari dengan pencapaian pekerjaan sekitar 40 persen. Dimana sebutnya, program TMMD ke-117 ini akan berlangsung selama satu bulan.

Dalam kegiatan TMMD Ke-117 ini tambah Dandim, ada beberapa kegiatan fisik dan non fisik. Adapun sasaran fisik terdiri dari peningkatan jalan (semenisasi) dengan panjang 122 meter dan lebar 3 meter di jalan berkah, Dusun mulyo rejo, Kepenghuluan Bangko Sempurna, semenisasi di Dusun Sido Makmur, Kepenghuluan Bangko Sempurna, semenisasi jalan kilang, Dusun Mulyo Rejo, Kepenghuluan Bangko Sempurna.

Kemudian semenisasi jalan tolu, Dusun bourtrem Jaya, Kepenghuluan Bangko Lestari, pembangunan box culvert di Dusun Bourtrem Jaya Kepenghuluan Bangko Lestari, bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Sulino di Dusun Mulyo Rejo, Kepenghuluan Bangko Sempurna, rehap pembuatan MCK dan pembuatan sumur bor di musola Al-hudayah Dusun bourtrem Jaya, Kepenghuluan Bangko Lestari.

Adapun pembangunan non fisik diantaranya penyuluhan bela Negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan Karhutla, penyuluhan stunting, penyuluhan pendidikan, penyuluhan bahaya Narkotika, penyuluhan pertanian serta bakti sosial pembagian sembako, donor darah, sunat massal dan pengobatan.

“Harapan saya mari kita sama-sama meningkatkan semangat gotong royong. Saya melihat di dua kepenghuluan ini semangat gotong royong nya sudah bagus, namun dengan adanya TMMD mudah-mudahan semangat gotong royong akan semakin meningkat. Saya selaku Dandim akan mengawal sampai dengan tuntas dan akan mempertanggung jawabkan program ini,” tutupnya. (*Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed