oleh

Buka FGD RPJPD, Wabup Natuna : Rencana Pembangunan Harus Selaras dengan Kebutuhan

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Awal Pembangunan Daerah Jangka Panjang Rencana Pembangunan Daerah (RPJPD) Kabupaten Natuna 2025-2045.

Acara yang diadakan di Kantor Bupati Natuna pada Kamis, 14 Desember 2023 ini bertujuan untuk mengumpulkan wawasan dan rekomendasi kolaboratif.

FGD dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Natuna Rodhial Huda yang menekankan sifat kolaboratif pembahasan dalam pembentukan kerangka awal RPJPD.

Rhodial menegaskan, FGD bukan sekadar acara seremonial, melainkan wadah untuk merumuskan rencana pembangunan komprehensif yang selaras dengan kebutuhan daerah ke depan.

“Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya sekedar formalitas tetapi juga mengidentifikasi rumusan kepentingan dan kebutuhan bagi pembangunan Kabupaten Natuna secara keseluruhan ke depan,” kata Rhodial.

Menutup sambutannya, Rodhial berharap hasil FGD dapat berkontribusi pada terciptanya pembangunan daerah yang berkualitas, progresif, dan berdaya saing.

“Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tercapainya kesepakatan rumusan awal RPJPD, mengantarkan Kabupaten Natuna menuju kesejahteraan, kemajuan, mutu, dan daya saing. Semoga dengan pertemuan ini dapat merumuskan outcome yang diinginkan untuk pembangunan jangka panjang,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, Mustafa, Kepala BP3D Kabupaten Natuna, menguraikan bahwa FGD akan mendalami diskusi di empat sektor pembangunan: pembangunan manusia, infrastruktur, perencanaan lingkungan dan wilayah, tata kelola, serta urusan ekonomi dan sumber daya alam.

“FGD dibagi menjadi empat diskusi yang mencakup berbagai bidang yang menjadi perhatian, yaitu pembangunan manusia, infrastruktur, lingkungan hidup dan perencanaan wilayah, tata kelola, serta ekonomi dan sumber daya alam,” ujarnya.

Mustafa menegaskan, tujuan kegiatan tersebut adalah menjaring masukan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk penyempurnaan rancangan RPJPD agar selaras dengan tujuan pembangunan Kabupaten Natuna.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan persepsi bahwa dalam penyusunan RPJPD, kami bermaksud menyusun dan menyepakati pedoman/arahan pembangunan, termasuk kebijakan dan sasaran pembangunan jangka panjang periode 2025-2045,” tutupnya.

Mustafa juga menyoroti pendekatan teknokratis dalam penyusunan RPJPD, memberikan landasan visi, misi, dan program bagi calon Kepala Daerah peserta Pilkada Serentak 2024 mendatang.

“RPJPD 2025-2045 dapat dijadikan acuan bagi calon Kepala Daerah untuk merumuskan visi, misi, dan programnya selama proses pemilu, serta menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen RPJMD 2025-2030,” jelasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir sejumlah tokoh penting antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Asisten Bidang Pemerintahan, Perekonomian dan Administrasi Umum, Kepala Badan, serta Forkompinda Kabupaten Natuna. (Yahya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed