oleh

Bawaslu Kepulauan Anambas Gelar Launching Website Jarimu Awasi Pemilu

ANAMBASNEWS.COM –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar soft launching Website Komunitas Pengawasan Parsitipatif Jarimu Awasi Pemilu, Selasa 14 Februari 2023.

Ketua Bawaslu Kepulauan Anambas, Yopi Susanto mengatakan, website Jarimu Awasi Pemilu merupakan salah satu inovasi dari Bawaslu yakni memberikan masyarakat wadah untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu.

“Dengan era digital saat ini, kebanyakan masyarakat selalu menggunakan handphone dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan, maka dari itu kami berinovasi untuk memudahkan masyarakat untuk melapor kepada kami apabila menemukan adanya indikasi pelanggaran selama pelaksanaan Pemilu melalui website,” katanya.

“Jadi dengan adanya website tersebut, masyarakat tidak perlu susah payah datang ke kantor apabila ingin menyampaikan laporan, cukup dengan login ke website itu, laporan masyarakat akan terkirim kepada Bawaslu Republik Indonesia,” imbuhnya.

Selain itu, Bawaslu juga memiliki aplikasi bernama Gowaslu, yang mana tujuan dan fungsi dari aplikasi tersebut sama dengan website Jarimu Awasi Pemilu.

Yopi mengatakan kedua inovasi tersebut, baik website ataupun aplikasi terbuka untuk masyarakat umum, sehingga dengan adanya hal itu, dapat mencegah adanya potensi pelanggaran selama pelaksanaan Pemilu mendatang.

Dikesempatan yang sama, Ia juga menyebutkan, Bawaslu tentunya tidak bisa bekerja sendirian, maka dari itu, untuk mensukseskan Pemilu khususnya ditahun 2024 mendatang, masyarakat perlu ikut andil dengan turut melakukan pengawasan melalui melaporkan indikasi pelanggaran di website tersebut.

“Dengan letak geografis wilayah Kepulauan, tentunya kami tidak bisa bekerja sendiri, maka itu kami berharap kepada masyarakat untuk dapat mengambil peran dalam hal pengawasan dengan website tersebut,” kata Yopi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, Pemerintah Daerah akan mendukung penuh Bawaslu dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu dilakukan untuk menciptakan Pemilu yang jujur, bersih, dan adil di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Pemerintah Daerah tentunya mendukung hal tersebut, karena dalam mengawasi Pemilu, seluruh pihak harus berpartisipasi untuk mencegah adanya pelanggaran,” ucap Wan Zuhendra.

Ia menambahkan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Anambas akan ikut membantu Bawaslu dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Turut hadir, Wakil Bupati Kabupaten Anambas, Plt. Kepala Bakesbangpol Anambas, Akmalruzzaman, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Anambas, AKP Rio Ardian, Sekretaris Satpol PP Anambas, Rio Rizal, Babinsa Koramil 02 Tarempa, Serda Brandes, Perwakilan Lanal Tarempa, serta perwakilan dari para Pengawas Pemilu.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed