oleh

Bappeda Gagas Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Anambas

ANAMBASNEWS.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Anambas menggagas rencana program ambisius untuk Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di wilayahnya.

Meskipun menghadapi kendala dalam realisasi anggaran tahun 2023 yang terlambat masuk, Kepala Bappeda, Andiguna Kurniawan Hasibuan, optimis bahwa rencana ini dapat terwujud dengan dukungan Insentif Fiskal menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 97 Tahun 2023.

Menurut Andi, anggaran yang masuk pada akhir tahun 2023 membuatnya dapat direalisasikan kembali pada tahun 2024. Andi mengungkapkan bahwa proses penyusunan anggaran 2024 sudah berlangsung, dipimpin oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Dalam rincian anggaran tahun 2023, Dinas Sosial (Dinsos) memegang peran penting dengan alokasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.1,4 Miliar. Program tersebut mencakup pemberian makanan tambahan untuk Balita, ibu hamil, dan Lansia. Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga terlibat dengan beasiswa dan perbaikan rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Namun, Andi mengklarifikasi bahwa dari anggaran tersebut, hanya sekitar Rp700 Juta yang terealisasi di tahun 2023. BLT sebesar Rp127 Juta, sewa alat angkut apung untuk tingkat SD sebesar Rp223 Juta, dan sewa alat angkut apung untuk tingkat SMP sebesar Rp338 Juta merupakan bagian dari realisasi tersebut.

“Sisanya akan dilaksanakan di tahun 2024, dengan teknis pelaksanaan yang menjadi tanggung jawab OPD terkait,” kata Andi. Bappeda tetap fokus membagi program sesuai dengan peraturan menteri tentang insentif fiskal, dan Andi berharap langkah-langkah ini dapat membawa perubahan positif dalam upaya Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Kepulauan Anambas.(Akbar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed