oleh

Asisten II Pemkab Natuna Rencana Investasi Cina Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

ANAMBASNEWS.COM, Natuna – Pemerintah Cina bekerjasama dengan pemerintah Indonesia berminta untuk berinvestasi di Kabupaten Natuna.

Hal ini disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Natuna, Basri saat diwawancari, di kantor Bupati di Ranai Natuna, Selasa 5 Desember 2023.

Basri menegaskan, peluang ini dapat mempercepat pembangunan Natuna, mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Visinya adalah menjadikan Natuna menjadi Pusat Perdagangan (TradHub) menyerupai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Semua produk eksternal harus transit melalui Natuna sebelum mencapai tujuan akhir,” ujarnya.

Basri menerangkan, namun untuk mewujudkan Natuna sebagai Kawasan Ekonomi Khusus memerlukan infrastruktur yang besar, khususnya pelabuhan bertaraf internasional.

“Persetujuan dari pemerintah pusat atau provinsi sangatlah penting, karena pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan tersebut,” sebut Basri.

Basri menyoroti pentingnya pertemuan baru-baru ini dengan perwakilan dari perusahaan milik negara Tiongkok, dan menyatakan bahwa investasi apa pun memerlukan persetujuan mereka.

Ia tetap optimis dengan kerja sama tersebut dan menyerahkan keputusan kepada masyarakat setempat apakah Natuna harus menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

Sembari menunggu kabar terkini, Basri terus menjalin komunikasi sejak pertemuan awal. Ia berharap prosesnya lancar tanpa hambatan, mengingat pesatnya perkembangan Natuna baik dari segi infrastruktur maupun perekonomian masyarakat setempat.

Menyadari tantangan yang dihadapi jika hanya mengandalkan APBD untuk pembangunan yang pesat, terutama mengingat betapa jauhnya jarak laut yang memisahkan Natuna dengan pulau-pulau lain, Basri menggarisbawahi perlunya dana besar untuk mengembangkan infrastruktur yang diperlukan. (Sarwanto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed